Kapolda Metro Irjen Fadil: PPKM Level 1 Berdampak Peningkatan Kemacetan 32 Persen
Apel gelar pasukan Operasi Zebra Jaya 2021 (Rizky Adytia Pramana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyebut penurunan status PPKM di Jakarta berdampak pada kepadatan arus lalu lintas. Di mana, saat ini Jakarta berada pada PPKM level 1.

Pernyataan itu disampaikan saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Jaya pada Senin, 15 Oktober.

"Oleh karena angka COVID-19 yang relatif sudah turun pemerintah menurunkan kebijakan yaitu DKI Jakarta dan wilayah aglomerasi masuk dalam PPKM level 1. Hal tersebut berimplikasi pada peningkatan mobilitas dan kepadatan lalu lintas," ujar Fadil di Polda Metro Jaya, Senin, 15 November.

Berdasarkan data, peningkatan kemacetan di Jakarta cukup signifikan. Dalam empat bulan terakhir, angkanya naik sebanyak 32 persen.

"Berdasarkan data Tomtom traffic index, index kemacetan Jakarta pada bulan Juli sebesar 8 persen saat ini meningkat menjadi 40 persen," kata Fadil.

Karena peningkatan itu, lanjut Fadil, menjadi salah satu alasan digelarnya Operasi Zebra. Tujuannya untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas.

"Operasi Zebra 2021 dapat menurunkan tingkat pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, selain dapat meningkatkan kedisiplinan masyarakat di dalam berlalu lintas karena dunia melihat Indonesia salah satunya dari cermin lalu-lintas, kalau ingin mengetahui budaya suatu bangsa dapat dilihat dari disiplin berlalu lintas," tandas Fadi.

Sebagai informasi, Polda Metro Jaya bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan TNI bakal menggelar Operasi Zebra Jaya. Operasi tersebut bakal dilaksanakan selama dua pekan.

Operasi Zebra bakal dimulai pada Senin, 15 November hingga 28 November. Namun, dalam operasi nanti tidak akan terpusat di satu titik. Sebab, pola patroli dilakukan bergerak di sejumlah titik-titik rawan pelanggaran lalu lintas yang bakal diterapkan.