Penyekatan Sebabkan Kemacetan, Kapolda Metro: Orang-Orang yang Tidak Perlu Keluar yang Bikin Macet!
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menanggapi kondisi titik penyekatan yang disebut sebagai penyebab kemacetan panjang.

Menurutnya, kemacetan justru disebabkan oleh masyarakat yang seharusnya tidak keluar atau tetap di rumah selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Jangan dibalik cara berpikirnya jangan penyekatan dibilang sebabkan kemacetan. Orang-orang yang tidak perlu keluar itu yang bikin macet," kata Irjen Fadil kepada wartawan, Rabu, 7 Juli.

Karena itu, Irjen Fadil meminta masyarakat untuk saling mengedukasi perihal PPKM Darurat. Sebab, kemacetan sangat berdampak bagi para tenaga kesehatan.

Mereka terkendala dalam perjalanan. Padahal di saat angka penularan COVID-19 yang tinggi, para tenaga kesehatan sangat dibutuhkan untuk menangani pasien.

"Jadi tolong didik masyarakat sampaikan ke masyarakat yang bikin macet itu mereka yang tidak seharusnya keluar, malah keluar sehingga menyebabkan kemacetan dan menghalangi tenaga kesehatan untuk lewat," tegas Irjen Fadil.

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukannya terhadap 10 penumpang transportasi umum, hanya satu orang yang memenuhi klasifikasi dalam aturan PPKM Darurat. Sisanya, tidak termasuk pekerja di sektor esensial dan kritikal.

"Jadi intinya bukan penyekatan yang sebabkan kemacetan dan kerumunan. Orang yang tidak punya kepentingan yang masih banyak keluar. Jadi jangan dibolak-balik gitu," kata Irjen Fadil.