Menunggu Tangan Dingin Irjen Karyoto Selesaikan Kemacetan di Jakarta Bersama Pemprov DKI
Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto (tengah) bersama jajaran saat diwawancarai di Jakarta, Kamis (6/4/2023). ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto menegaskan bakal memecahkan masalah terkait kemacetan di Jakarta. Tentunya, bersama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov).

"Lalu lintas kami juga tengah berupaya tentunya kami tidak bisa sendiri, di sini ada dinas lalu lintas angkutan jalan raya, akan kita pecahkan masalah-masalah tentang kemacetan," ujar Karyoto kepada wartawan, Kamis, 6 April.

Karyoto mencotohkan permasalahan kemacetan di Jakarta. Bila berkendara dari kawasan Kuningan hingga Mampang membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Iapun bertekad untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Sehingga, waktu tempuh akan lebih singkat.

"Saya upayakan kalau bisa 20 menit atau bahkan 10 atau 5 menit," ungkapnya.

Upaya penyelesaian permasalahan kemacetan itu sudah dibahas dengan Pemprov DKI Jakarta. Karyoto bilang, pihaknya sudah menyarankan beberapa solusi yang diharapkan bisa mengurai titik kemacetan.

"Kita paling menyarankan rambu rambunya 'oh disini U-Turn nya ditutup' kita tambah lagi, perpanjang lagi, 'oh disini tidak boleh terjadi crossing' menyebabkan macet itu karena kebanyakan crossing, crossing itu macet pasti ekornya panjang," ungkapnya.

"Nah ini kita upayakan bagaimana crossing nya sedikit kalau mungkin 5 croosing kita mungkin bikin dua atau ingin cicrle yang besar flow nya itu jalan terus, sekalipun jarak tempuhnya agak panjang tapi waktu tempuhnya sedikit, ini kita selalu kaji," sambung Karyoto.

Tak dipungkiri permasalahan kemacetan di Jakarta sangat kompleks. Sebab, banyak masyarakat yang tinggal di daerah pengga datang ke Jakarta untuk bekerja.

"Karena lalu lintas di Jakarta itu crowded ketika orang orang dari daerah Buffer Zone ke daerah kerja itu seperti bottle neck, seperti 10 jalan ketemu 5 jalan, 5 jalan ketemu 3 jalan, 3 jalan akhirnya ketemu satu jalan," kata Karyoto.