Masih Dibutuhkan Masyarakat, Regulator Telekomunikasi Ingin Lindungi Ribuan Kotak Telepon Umum Merah Khas Inggris
Ilustrasi kotak telepon umum merah Inggris. (Pexels/Mike)

Bagikan:

JAKARTA - Ribuan kotak telepon umum merah Inggris perlu dilindungi dari penghapusan di bawah aturan baru, regulator telekomunikasi Inggris mengatakan Selasa.

Telepon umum mungkin terlihat seperti peninggalan usang di zaman smartphone. Tetapi, regulator Ofcom mengatakan mereka masih bisa menjadi "jalur hidup" bagi orang-orang yang membutuhkan.

Regulator mengusulkan aturan untuk mencegah 5.000 kotak panggilan di daerah dengan jangkauan seluler yang buruk ditutup.

Selain itu, sekitar 52 panggilan telepon dari lokasi yang dianggap sebagai daerah rawan kecelakaan dan bunuh diri dalam 12 bulan terakhir, berasal dari bilik telepon merah ini.

Ofcom mengatakan, masih ada sekitar 21.000 kotak telepon di seluruh negeri, dan hampir 150.000 panggilan ke layanan darurat dilakukan di dalamnya dari Mei 2019 hingga Mei 2020.

Tak hanya itu, sekitar 45.000 panggilan juga dilakukan ke saluran bantuan lain, seperti orang Samaria.

“Beberapa kotak panggilan yang kami rencanakan untuk dilindungi digunakan untuk melakukan panggilan dalam jumlah yang relatif rendah,” kata Selina Chadha, direktur konektivitas Ofcom, mengutip The National News 10 November.

"Tetapi, jika salah satu dari panggilan itu berasal dari anak yang tertekan, korban kecelakaan atau seseorang yang ingin bunuh diri, saluran telepon umum itu bisa menjadi penyelamat pada saat dibutuhkan."

"Kami juga ingin memastikan bahwa orang-orang tanpa jangkauan seluler, seringkali di daerah pedesaan, masih dapat melakukan panggilan," sambungnya.

BT Group, sebelumnya British Telecom, mengatakan hampir setengah dari kotak telepon di Inggris telah dihapus karena pertumbuhan jumlah telepon seluler.

Dikatakan, lebih dari 6.500 kotak panggilan yang tidak digunakan sejauh ini telah diubah menjadi perpustakaan komunitas mini, galeri seni atau unit penyimpanan untuk defibrillator publik di bawah rencana yang disebut "Adopt a Kiosk".

Program ini memungkinkan organisasi lokal untuk membeli kotak telepon merah seharga 1 poundsterling atau sekitar 1,4 dolar AS dan mengubahnya menjadi sesuatu yang berguna.