Jaga Keseimbangan Kekuatan di Samudra Hindia, Pakistan Bakal Operasionalkan Fregat Siluman dari China
Peluncuran fregat siluman Type 054A/P PNS Tughril. (Sumber: Angkatan Laut Pakistan via Global Times)

Bagikan:

JAKARTA - China mengirim kapal perang siluman terbesar dan tercanggih yang pernah dibuatnya ke Pakistan, langkah yang disebut sebagai persahabatan kedua negara sekaligus menjaga keseimbangan kekuatan militer di Samudra Hindia.

Dirancang dan dibangun oleh China State Shipbuilding Corporation Limited (CSSC), fregat dikirim ke Angkatan Laut Pakistan dalam upacara commissioning di Shanghai, CSSC mengumumkan dalam sebuah pernyataan pada Hari Senin, seperti dikutip dari Global Times 10 November.

Fregat Type 054A/P dengan nama PNS Tughril ini merupakan yang pertama dari empat fregat sejenis, yang dipesan Angkatan Laut Pakistan dan memiliki perang multi fungsi.

Angkatan Laut Pakistan menyebut, teknologi maju yang disematkan di fregat ini, membuatnay memiliki kemampuan untuk melakukan peperangan permukaan ke permukaan, permukaan ke udara dan senjata bawah air untuk mendukung pengawasan yang luar.

Dilengkapi dengan manajemen tempur canggih dan sistem peperangan elektronik bersama dengan kemampuan pertahanan diri modern, fregat Type 054A/P dapat secara bersamaan menjalankan sejumlah misi perang angkatan laut di lingkungan multi-ancaman yang sangat intens, kata pernyataan Pakistan.

"Penyelesaian dan pengiriman kapal tersebut merupakan pencapaian besar lain dari persahabatan China-Pakistan, dan selanjutnya akan meningkatkan kemitraan kerjasama strategis di segala cuaca antara kedua negara," sebut perusahaan pembuat kapal China dalam pernyataannya.

Sementara itu, Duta Besar Pakistan untuk China Moin ul Haque mengatakan, penugasan PNS Tughril mengantar babak baru dalam persahabatan Pakistan-China, yang telah matang melalui ujian waktu dan tetap teguh di semua bidang, menurut pernyataan dari Angkatan Laut Pakistan.

'Dalam konteks paradigma keamanan keseluruhan kawasan, fregat kelas Tughril akan memperkuat kemampuan Angkatan Laut Pakistan untuk menanggapi tantangan maritim guna memastikan pertahanan ke arah laut, menjaga perdamaian, stabilitas, dan keseimbangan kekuatan di kawasan Samudra Hindia," jelas Duta Besar Moin, yang juga memuji upaya bersama China untuk pencapaian penting dengan pengiriman tepat waktu dari fregat yang dilengkapi dengan baik dan kuat meskipun ada pandemi global.

Adapun Wakil Sekretaris Partai dan Direktur Dewan CSSC Du Gang yang memuji pembangunan tepat waktu PNS Tughril menekankan, commissioning kapal adalah tonggak utama dan kesaksian persahabatan berumur panjang China-Pakistan, karena kedua negara adalah terikat oleh afinitas kepercayaan, kasih sayang dan kesamaan.

Terpisah, Kepala Misi Angkatan Laut Pakistan yang mengawasi pembangunan fregat 054A/P, Komodor Rashid Mehmood Sheikh, mengatakan PNS Tughril, sebagai fregat yang mampu multi-misi, akan menjadi andalan armada Angkatan Laut Pakistan sekaligus memperkuat kemampuan pertahanan maritim Angkatan Laut Pakistan.

Sementara itu, Zhang Junshe, seorang peneliti senior di PLA Naval Research Academy, mengatakan kepada Global Times dalam wawancara sebelumnya bahwa Type 054A, yang menjadi basis Type 054A/P, adalah fregat paling canggih di China.

Dibandingkan dengan fregat China sebelumnya, kapal baru ini memiliki kemampuan pertahanan udara yang lebih baik, karena dilengkapi dengan sistem radar yang ditingkatkan dan jumlah rudal yang lebih besar dengan jangkauan yang lebih jauh, kata Zhang, mencatat bahwa fregat Type 054A juga memiliki kemampuan siluman kelas dunia.