Bagikan:

JAKARTA - Direktur Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA) William Burns mengadakan percakapan langka dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam kunjungannya ke Moskow, Rusia pekan lalu.

Dua sumber yang memiliki pengetahuan langsung mengenai hal ini mengatakan kepada CNN, termasuk yang dibahas adalah keprihatinan serius Amerika Serikat tentang penumpukan militer Rusia di sepanjang perbatasan Ukraina.

Juru bicara Presiden Putin, Dimitry Peskov juga mengkonfirmasi ada diskusi. "Ya, percakapan seperti itu terjadi melalui telepon," ujar kepada CNN seperti dikutip 9 November.

Sebelumnya diberitakan, kunjungan Burns ke ibu kota Rusia terjadi pada saat kekhawatiran yang berkembang di antara beberapa pejabat Washington, tentang kemungkinan intervensi militer Rusia yang diperluas di Ukraina.

Satu sumber mengatakan, AS memiliki keprihatinan serius tentang pembangunan Rusia, menambahkan, "Akan bodoh bagi kami untuk tidak mempertimbangkan kemungkinan invasi atau serangan."

Ketika ditanya tentang topik yang disinggung selama percakapan telepon ini, Peskov mengatakan itu adalah "Hubungan bilateral, situasi krisis dalam praktik diplomatik, dan pertukaran pandangan tentang konflik regional."

"Tentu saja, masalah keamanan siber juga disebutkan," tambah Peskov yang lazim juga disebut sebagai juru bicara Kremlin.

Penilaian tentang motif Rusia sangat berbeda dalam pemerintahan, dengan beberapa sumber mengatakan mereka yakin Rusia dapat bersiap untuk invasi, sementara yang lain menyarankan mereka melakukan latihan atau hanya mencoba untuk mengintimidasi Ukraina.

Dan secara publik, Ukraina telah meremehkan gagasan Rusia membangun kehadiran militernya di dekat perbatasan di luar tingkat normal. Rusia telah 'menetapkan praktik' mentransfer dan mengumpulkan unit militer untuk tujuan menjaga ketegangan di kawasan dan tekanan politik di negara-negara tetangga," ujar Kementerian Pertahanan Ukraina pada Hari Selasa.

Gambar satelit yang diambil oleh Maxar Technologies minggu lalu menunjukkan, jenis pergerakan pasukan dan peralatan Rusia yang tidak teratur yang dikhawatirkan oleh pejabat AS. Gambar-gambar itu menunjukkan pasukan Rusia, tank dan artileri berkumpul di dekat Kota Rusia Yelnya, membuat Pemerintahan Presiden Joe Biden lebih khawatir daripada musim semi, bahwa Rusia dapat meluncurkan invasi, kata dua pejabat senior AS.

Untuk diketahui, Presiden Joe Biden mengirim William Burns ke Moskow pada Hari Selasa pekan lalu, dalam upaya untuk mencegah segala jenis eskalasi, di mana ia bertemu dengan pejabat Kremlin untuk menyampaikan AS memantau dengan cermat pergerakan pasukan, menurut orang-orang yang diberi pengarahan pada pertemuan mereka.

Direktur Burns juga menyebutkan kekhawatiran AS, Rusia hampir menggunakan ekspor gasnya sebagai pengaruh, dengan Ukraina dan negara-negara Eropa lainnya diperkirakan akan mengalami krisis energi menjelang musim dingin.