Menko Polhukam Mahfud MD Konfirmasi Presiden Jokowi akan Temui Putin Akhir Juni
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD saat ditemui di kawasan Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/6/2022) (ANTARA/Gilang Galiartha)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengonfirmasi rencana pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada 30 Juni 2022.

"Ya, itu agenda Presiden. Saya kira apa masalahnya? Kan cuma mau ketemu," kata Mahfud di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta dilansir Antara, Senin, 20 Juni.

Kantor Berita Rusia TASS pada 14 Juni 2022 menyebut Presiden Putin akan bertemu mitranya dari Indonesia, Presiden Jokowi di Moskow pada 30 Juni 2022.

Hal tersebut diungkapkan seorang sumber Kremlin kepada TASS dengan mengatakan kunjungan tersebut termasuk kunjungan penting.

"(Kunjungan kenegaraan) itu ada tim sendiri," tambah Mahfud.

Sumber TASS menyebut Indonesia adalah mitra penting Rusia di bidang politik maupun ekonomi. Sumber itu juga mengatakan bahwa Indonesia tahun ini juga memegang jabatan Kepresidenan G20.

Pada 29 April 2022 lalu, Presiden Jokowi telah menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengonfirmasi akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali melalui percakapan via telepon dengan Presiden Jokowi pada 28 April 2022 pukul 19.00 WIB.

Dalam percakapan itu, Presiden Jokowi meminta Presiden Putin agar mengakhiri perang dengan Ukraina.

G20 telah mengutuk invasi Rusia di Ukraina yang kini telah memasuki pekan kesembilan. Invasi itu telah meningkatkan ketegangan geopolitik, mengancam ekonomi global, dan memicu krisis kemanusiaan.

Sejumlah anggota G20 bahkan telah menyerukan Rusia dan Presiden Vladimir Putin dikeluarkan dari daftar kehadiran di KTT G20 di Bali pada November. Namun, Indonesia menolak dan mengatakan terlalu dini untuk memutuskan hal itu.