Tabrak Gunung Bawah Laut, Komandan dan Perwira Eksekutif Kapal Selam Nuklir Amerika Serikat Dicopot
Kapal selam nuklir Amerika Serikat USS Connecticut (SSN-22). (Wikimedia Commons/U.S. Navy/Mass Communication Specialist Seaman Adam K. Thomas)

Bagikan:

JAKARTA - Tiga komandan tertinggi Kapal Selam Nuklir USS Connecticut (SSN-22) dibebaskan dari tugas Kamis, akibat insiden yang dialami oleh kapal selam tersebut.

Ketiga perwira tersebut kehilangan kepercayaan, setelah kapal selam Amerika Serikat (AS) tersebut menabrak gunung bawah laut saat beroperasi di perairan internasional pada awal Oktober sesuai penyelidikan Armada Ketujuh Angkatan Laut AS.

Komandan Armada ke-7 Vice Admiral Karl Thomas dilaporkan menyebut menemukan penilaian yang baik, pengambilan keputusan yang bijaksana dan kepatuhan terhadap prosedur yang diperlukan, yang dapat mencegah insiden itu, kata Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan Kamis, mengutip Sputnik News 5 November.

Langkah ini menyusul selesainya penyelidikan atas tabrakan yang terjadi pada 2 Oktober, serta setelah Kementerian Pertahanan China menyuarakan keprihatinan atas insiden tersebut, menuntut agar Washington memberikan rincian lengkap tentang kecelakaan itu.

Insiden yang mengakibatkan 11 awak kapal selam bertenaga nuklir Amerika Connecticut terluka, terjadi setelah kapal selam serangan nuklir itu bertabrakan dengan "gunung bawah laut yang belum dipetakan" di Laut China Selatan pada awal Oktober.

Akibatnya, tangki pemberat kapal selam itu rusak parah, mendorong USS Connecticut (SSN-22) untuk segera mengubah rute ke 'pelayaran selama seminggu' ke pangkalan militer AS di Guam.

Sementara itu, Menteri Angkatan Laut AS Carlos Del Toro mengatakan Kamis dalam sebuah tweet yang dibagikan oleh Koresponden Keamanan Nasional Jeff Seldin, "dia yakin dengan penyelidikan," yang digelar untuk menghilangkan kekhawatiran dan kesalahpahaman.

Captain John Witte akan mengemban tugas sebagai Komandan Kapal Selam Nuklir USS Connecticut (SSN-22) sementara, dengan Commander Joe Samur akan mengemban tugas sebagai Perwira Eksekutif sementara.

Untuk diketahui, saat ini USS Connecticut tetap berada di Guam saat menjalani penilaian kerusakan yang diawasi oleh Komando Sistem Angkatan Laut, dan akan kembali ke Bremerton, Washington untuk perbaikan, Angkatan Laut mengumumkan Kamis.