Viral Lokomotif KA di Lampung Keluarkan Api, Ini Penjelasan PT KAI
Foto Kereta api yang mengeluarkan api (Foto: era.id)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah lokomotif kereta api yang mengangkut 770 orang anggota TNI mengeluarkan asap tebal. Video lokomotif 'kebakaran' tersebut viral di media sosial.

Salah satunya yang mengunggah adalah akun Facebook Buddy. Dia memberikan keterangan video tersebut dengan kata "The Real Kereta Api,"

Manager Humas PT Kai Divre IV Tanjungkarang Jaka Jarkasih, menjelaskan lokomotif bernomor seri CC 204 11 17 itu mengalami gangguan mesin pada motor diesel.

"Terjadi pembakaran tidak sempurna, menimbulkan asap tebal dari sisa bahan bakar menimbulkan percikan api keluar lewat Exhaust/ knalpot (cerobong asap)," katanya dilansir era.id, Selasa, 9 November.

Namun kejadian tersebut tidak berlangsung lama dan bukan kebakaran mesin. Kebakaran pada knalpot lokomotif yang biasa disebut kobong itu langsung padam sesaat setelah thortle mesin diturunkan.

"Sifatnya sesaat sementara dan langsung padam, Lokomotif mengalami tenaga lemah," jelas Jaka.

Kemudian lokomotif yang menarik KA Luar Biasa (KLB) itu bisa melanjutkan perjalanan hingga stasiun terdekat yakni stasiun Labuhan Ratu Lampung.

"Selanjutkan KA dapat melanjutkan perjalanan dari Labuhan Ratu menuju Waypisang dan tidak ada masalah semua penumpang aman," ucapnya.