Sembunyi di Kolong Kursi Selama Enam Jam, Pencuri Warung di Matraman Bawa Kabur Uang Jutaan Rupiah
Tersangka pencuri yang bersembunyi di kolong kursi selama 6 jam/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI 

Bagikan:

JAKARTA - Seorang pemuda berinisial AR (22) ditangkap warga lantaran tepergok membobol warung kelontong di Jalan Mangga 7E, Nomer 42, RT 05/06, Kelurahan Utan Kayu Utara, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur. Korban bernama Haji Sadikin kehilangan uang mencapai jutaan rupiah.

Menurut Hidayat Tulloh (34), anak korban, pelaku ditangkap ketika bersembunyi di rumah kontrakannya usai kejadian pencurian terjadi. Pelaku ditangkap di Jalan Mangga Ujung, RT 015/06, Kelurahan Utan Kayu Utara, Matraman, tak jauh dari lokasi kejadian.

"Yang dicuri oleh pelaku adalah dua unit tas berisi duit masing-masing Rp3 juta dan celengan berisi uang sekitar Rp500 ribu," terang Hidayat Tulloh saat dikonfirmasi VOI, Senin 8 November.

Aksi pencurian pelaku juga terekam kamera CCTV yang ada di sekitar warung. Dari rekaman video CCTV itu, pelaku terlihat keluar dari warung milik korban sekitar pukul 22.30 WIB.

"Kejadiannya malam. Pelaku ditangkap sesuai ciri-cirinya dan dikenali. Pelacakan dari rekaman CCTV juga," ujar Dayat, sapaan anak korban.

Tersangka pencuri yang bersembunyi di kolong kursi selama 6 jam/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI 

Dayat mengatakan, dari pengakuan pelaku, aksi pencurian itu bermula ketika pelaku datang ke warung kelontong dengan berpura-pura belanja sekitar pukul 16.00 WIB.

Namun karena situasi warung tengah sepi, pelaku langsung naik ke lantai 2 rumahnya melalui tangga yang ada disamping warung.

Kemudian pelaku bersembunyi di kolong kursi yang ada di ruang tengah lantai 2 rumah korban. Pelaku bersembunyi hingga malam setelah warung milik korban tutup.

Sekitar pukul 22.30 WIB, pelaku keluar dari kolong kursi dan menjalankan aksinya menuju warung korban yang sudah tutup itu.

"Warung tutup sekitar Magrib. Dia (pelaku) membobol sekitar jam 22.30 WIB," ucap Dayat.

Usai mendapatkan uang hasil curian, pelaku melompat dari dalam warung melalui pagar. Pelaku memanjat pintu pagar dan berjalan meninggalkan lokasi warung tersebut.

Kejadian baru diketahui korban sekitar pukul 04.30 WIB ketika hendak salat Subuh. Saat itu Haji Sadikin mendapati rumahnya dalam keadaan berantakan. Setelah dicek ternyata dua tas berisi uang telah hilang dicuri. Berikut celengan yang berada di laci warung.

Setelah dicek, ternyata aksi pelaku sempat terekam kamera CCTV. Kemudian setelah dilihat, warga sekitar ada yang mengenali wajah pelaku. Sehingga pelaku berhasil diamankan tak jauh dari lokasi.

Saat ditangkap, kata Dayat, pelaku nyaris menjadi bulan-bulanan warga yang kesal atas ulahnya.

"Pelaku juga telah mengakui perbuatannya," ucapnya.

Pelaku kemudian diserahkan ke Polsek Matraman guna diproses lebih lanjut. Korban juga sudah membuat laporan kepolisian.

"Sudah lapor ke Polsek Matraman. Semoga pelaku kapok atas perbuatannya dan mendapat hukuman setimpal," katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Matraman Kompol Tedjo membenarkan adanya penangkapan pelaku pencurian itu.

"Ya benar, ada penangkapan," katanya.