Culik Dua Tentara Israel, Kelompok Tak Dikenal Minta Tahanan Palestina Dibebaskan
Ilustrasi tentara Israel. (Wikimedia Commons/Israel Defense Forces)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah organisasi tak dikenal yang menamakan dirinya Gerakan Kebebasan mengklaim telah menculik dua tentara Israel.

Dalam sebuah program investigasi yang disiarkan oleh saluran berita Al-Jazeera yang berbasis di Qatar pada Jumat malam, kelompok itu mengatakan menculik dua petugas saat mereka melaksanakan misi keamanan rahasia di luar Israel.

Program tersebut menayangkan klip video dua pria, yang menurut para penculik adalah dua tentara Israel.

Salah satu dari dua pria itu mengidentifikasi dirinya sebagai David Ben Rousey, memperkenalkan rekannya sebagai David Perry, mengatakan bahwa mereka adalah orang Israel, mengutip Daily Sabah

Gerakan itu pada September tahun lalu membuat klaim serupa, berhasil menculik dua tentara Israel. Pada saat itu, Israel tidak mengeluarkan komentar atas klaim tersebut.

Menurut para penculik, David Perry 'adalah seorang misionaris rahasia di asosiasi pemukiman Elad, sementara David Ben Rousey adalah seorang ahli petrokimia. Mereka diculik dalam dua operasi terpisah.

Dalam video tersebut, Ben Rousey memohon bantuan dengan mengatakan, "Perry dalam kesehatan yang buruk dan menggambarkan situasi mereka sebagai mengerikan."

Menurut program tersebut, para penculik mengatakan nasib dua warga Israel yang diculik terkait dengan pembebasan warga Palestina di penjara-penjara Israel. Apa yang disebut Gerakan Kebebasan tidak dikenal di wilayah Palestina.

Program investigasi tidak memberikan rincian tambahan tentang waktu dan tempat penculikan, atau tempat penahanan mereka. Sementara, pejabat Israel belum berkomentar.

Untuk diketahui, ada sekitar 4.850 tahanan Palestina di penjara-penjara Israel, termasuk 40 wanita, 225 anak-anak, dan 40 tahanan administratif, menurut lembaga yang peduli dengan urusan tahanan.