Jadi Calon Tunggal Panglima TNI, Jenderal Andika Kerap Mesra dengan Sang Istri Hetty
Jenderal Andika Perkasa saat menemani Presiden Jokowi di Istana Bogor Juni 2020 lalu (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Bagikan:

JAKARTA - Selama jadi orang nomor satu di TNI AD, Jenderal Andika Perkasa kerap bepergian ke berbagai daerah ditemani sang istri, Hetty. Dan dalam setiap aktivitasnya, Andika yang kini jadi calon tunggal Panglima TNI kerap membagi kemesraannya dengan Hetty.

Tengok saja Channel YouTube TNI AD. Hampir bakal selalu ditemui Kasad bersama dengan Hetty dibarengi adegan bergandengan tangan.

Seperti perjalanan dinas ke Baturaja, Sumatera Selatan untuk mengikuti Latihan Bersama Garuda Shield ke-15. Keduanya menikmati perjalanan dengan kapal laut dari Pelabuhan di Banten menuju Lampung. 

Hetty dan Andika saat itu sedang meninjau beberapa lokasi yang digunakan dalam kegiatan Latma Garuda Shield ke-15. Lokasi pertama yang didatangi yakni Aula Garuda sebagai tempat berlangsungnya materi Staff Exercise. Peristiwa ini terekam dalam YouTube TNI AD.

Mereka berdua menyusuri beberapa titik. Genggaman Andika tak pernah lepas dari tangan Hetty.

Kasad dan Ketum Persit KCK melihat rumah sakit lapangan tentara Amerika Serikat, yang memiliki fasilitas bedah plastik. Kasad berpesan agar tentara Amerika Serikat, agar dapat berbagi informasi kepada personel TNI AD mengenai rumah sakit lapangan. 

“Senang melihat semuanya disini, karena kalian sangat menginspirasi. Saya telah berbicara dengan tentara peleton bagian medis untuk mempelajari rumah saki lapangan US Army ini. Jangan keberatan ya jika personel TNI AD bagian medis bertanya apa saja yang dimiliki rumah sakit lapangan ini, sehingga kami dapat menambahkan apa yang belum kami miliki," papar Kasad.

"Kami memiliki 7 RS Lapangan, tapi saya pikir, masih ada yang kurang dari RS Lapangan tersebut, yakni ahli bedah," sambung mantan Danpaspampres ini.

Selanjutnya Jenderal TNI Andika Perkasa bersama sang istri melihat lokasi persenjataan milik TNI Angkatan Darat dan US Army yang digunakan dalam pelatihan. Mereka berkesempatan melihat Himars yakni sistem roket artileri mobilitas tinggi milik US Army. 

Himars merupakan peluncur ringan multipel yang dipasang pada rangka truk M1140. Terdapat 6 buah roket dengan satu peluncur yang dapat melesat sejauh 70 kilometer. 

“Kami sangat terbuka untuk mempelajari sebanyak mungkin apa yang menjadi hal khusus dalam asset tersebut. Karena mungkin saja kami akan membuat pengadaan Himars dalam rencana anggaran 5 tahun mendatang,” ujar Kasad. 

Profil Andika Perkasa

Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D. adalah sosok perwira tinggi yang menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) sejak 22 November 2018. Sosoknya menggantikan Jenderal TNI Mulyono yang memasuki masa pensiun di tahun 2019. Sebelumnya, ia menduduki jabatan Pangkostrad sejak 13 Juli 2018 hingga di bulan November pelantikannya. Andika Perkasa menjalani masa awal karirnya selama 13 tahun dalam kesatuan unit Kopassus sejak tahun 1987 hingga 2000.

Andika Perkasa merupakan menantu dari mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) A.M. Hendropriyono. Jenderal yang memiliki 5 gelar titel akademik ini tercatat pernah menduduki jabatan beragam yang cukup penting, mulai dari Kepala Seksi Kajian Strategi Hankam Departemen Pertahanan pada 2000, hingga Kadispen TNI AD pada 2013.

Andika Perkasa lahir di kota Bandung pada tanggal 21 Desember 1964. Ia menikah dengan Diah Erwany, anak pertama dari Jenderal A.M. Hendropriyono. Andika Perkasa lulus dari Akademi Militer pada tahun 1987. Kemudian ia bergabung dalam satuan unit Kopassus, sebagai perwira pertama infanteri Kopassus Grup 2/Para Komando dan Satuan-81/Penanggulangan Teror (Gultor).