Tak Ada Lagi Adaptor Pengisian Daya di Paket Penjualan iPhone 12

JAKARTA - Apple secara mengejutkan ingin mengubah isi boks dari paket penjualan iPhone 12. Smartphone yang dibanderol dengan harga tak jauh beda dari iPhone 11 ini, kabarnya tak akan menyertakan adaptor pengisian daya dalam paket penjualannya. 

Seperti dikutip Digital Trends, Senin 29 Juni, analis teknologi Ming-Chi Kuo mengatakan kalau Apple tak lagi menyertakan sejumlah aksesoris dalam paket penjualan iPhone 12, termasuk Airpods. Besar kemungkinan Apple ingin mengurangi ukuran kemasan dari iPhone secara signifikan.

Itu artinya, isi kotak penjualan iPhone 12 hanya akan berisi smartphone, kabel lightning dan buku petunjuk manual serta stiker logo khas Apple. Sedangkan aksesoris lainnya seperti adaptor pengisian daya dan Airpods akan dijual secara terpisah di Apple Store. 

Sementara, paket penjualan Apple Watch Seri 3 masih memiliki kabel pengisian daya tetapi tidak dilengkapi dengan adaptornya. Kuo menyebutkan adaptor pengisian daya 20W akan dijual secara terpisah sebagai pembelian opsional dari Apple. 

Menurut Kuo, ini merupakan rencana transisi Apple dari pengisian daya 5W dan 18W ke model baru yang memiliki daya 20W. Di mana model adaptor pengisian daya ini juga akan diterapkan pada iPad dan iPad mini yang akan diluncurkan, 2021 mendatang.

Ilustrasi paket penjualan iPhone 12 (MacRumors)

Sebelumnya Apple juga pernah dikabarkan, tidak menyertakan aksesoris berupa earbuds pada kotak penjualan iPhone terbaru. Hal ini karena pabrikan ponsel asal Cupertino, California itu tengah meningkatkan penjualan AirPods 2 dan AirPods Pro.

Tentunya rencana Apple ini akan menimbulkan banyak kritik dari sejumlah penggemar gawai berlogo apel ini. Pasalnya Apple mulai mencari untung tambahan dengan menjual aksesoris yang seharusnya disertakan dalam paket penjualan iPhone.

Rencananya Apple akan meluncurkan empat model iPhone 12 baru tahun ini yang dijadwalkan pada September mendatang. Adapun ponsel yang akan unjuk gigi adalah iPhone 12, iPhone 12 Max (atau Plus), iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

IPhone 12 akan menjadi perangkat terkecil dengan faktor desain baru Apple. Perangkat ini diklaim akan membawa layar OLED Super Retina 5,4 inci. Versi Max, seperti namanya hanya versi iPhone 12 yang lebih besar dengan layar 6,1 inci. 

Adaptor pengisian daya baru untuk iPhone 12 (MacRumors)

Opsi penyimpanan juga sama, varian 128GB dan versi 256GB. Selain harga dan ukuran, semua fitur lainnya tetap sama. Versi iPhone 12 Pro akan diluncurkan dengan Super Retina XDR 6.1 inci dengan ProMotion. RAM pada jajaran Pro akan menjadi 6GB.

Sedangkan untuk penyimpanan iPhone 12 Pro, Apple akan menawarkan tiga varian, yang akan dimulai dengan penyimpanan internal 128GB hingga 256GB dan yang tertinggi adalah varian 512GB. Versi maksimal iPhone 12 Pro akan menampilkan layar besar 6,7 inci.