Tanpa Obat, Mata Merah Bisa Diatasi dengan 8 Cara Berikut Ini

YOGYAKARTA – Mata merah disertai gatal biasanya karena iritasi atau alergi. Ini kerap dialami saat setelah atau saat memakai riasan bagian mata atau memakai softlens. Menurut dokter mata Jeffrey Kegarise, mata merah dapat disebabkan beberapa faktor, termasuk genetika, anatomi, operasi. Nah, penggunaan obat tetes secara berlebihan juga bisa memperburuk iritasi atau peradangan di permukaan mata. Maka berikut cara mengatasi mata merah tanpa obat.

1. Terapi panas

Mata merah karena kelenjar air mata meradang, membutuhkan beberapa minggu untuk sembuh. Tetapi terapi panas bisa efektif memperbaiki penampilan kelopak mata. Terapi panas dengan mengompres mata memakai telur rebus hangat, atau kentang direndam air hangat lalu dibungkus tisu, atau juga beras setelah dipanaskan di microwave dibungkus dalam kantung. Idealnya dilakukan pengompresan sekali selama 10 menit setiap hari. Waktu ini, menurut Kegarise sangat efeektif.

2. Kompres dingin

Mengompres kelopak mata bagian luar dengan kompres dingin bisa membantu mengurangi peradangan dan kemerahan serta membuat mata terasa lebih baik. Kompres bisa menggunakan waslap dingin dengan permukaan yang lembut, atau bahkan hanya menggunakan dua iris mentimun.

Ilustrasi cara mengatasi mata merah tanpa obat (Freepik/maksymiv_yura)

3. Detoks layar dan dari udara kering

Saat menatap layar dan Anda tidak cukup berkedip, maka dapat menyebabkan kelelahan. Otot mata juga lelah sehingga tidak fokus. Saran Kegarise, jika menghabiskan waktu di depan gawai atau komputer, cobalah untuk berkedip sebentar setiap beberapa menit untuk menjaga kelembapan mata tetap seimbang. Selain itu, bisa memakai kaca mata ketika beraktivitas di luar ruangan. Ini meminimalkan terpapar panas yang membuat mata kering dan merah. Memakai kacamata anti cahaya biru ketika di depan komputer juga bisa dilakukan untuk mengurangi ketegangan saat melihat layar.

4. Hapus riasan dan ambil jeda tidak menggunakan makeup mata

Seorang dokter mata dan direktur eksekutif Glaucoma Center of San Fransisco, Andrew Iwach, MD., riasan yang Anda pakai bisa menyebabkan mata merah. Bukan hanya eyeliner atau maskara, tetapi bedak juga bisa jadi penyebab mata merah. Saran Iwach, hentikan sementara waktu untuk mengurangi gejala akibat iritasi atau alergi makeup. Hanya saja, harus cek terlebih dahulu sebelum memakainya apakah alat makeup yang Anda pakai tidak mengandung bahan yang memicu respons alergi.

Ilustrasi cara mengatasi mata merah tanpa obat (Freepik)

5. Bersihkan kelopak dan bulu mata

Pastikan membersihkan pangkal bulu mata Anda karena di sinilah iritasi dapat berkumpul. Di sepanjang tepi mata juga berkumpul kelenjar minyak. Terjadang minyak ini terkumpul dan menarik iritasi. Pada akhirnya, membersihkan kelopak mata secara rutin dapat meminimalkan penumpukan minyak, serpihan, hingga tungau folikel di pangkal bulu mata. Setelah seminggu melakukan rutinitas pembersihan ini, hasilnya akan terlihat jelas. Cara memulainya, cuci dan gosok kelopak mata denga air hangat dan waslap setiap pagi secara lembut.

6. Kenakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan

Mengambil tindakan pencegahan penting, meski bukan pengobatan. Ini sama pentingnya karena berkaitan dengan cara merawat mata secara tepat. Kalau mata merah, bisa mengenakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan. Pasalnya, ini membantu mata terlindung dari paparan matahari.

7. Hindari duduk di bawah AC

Pengatur suhu ruangan bisa di atur dingin ataupun hangat sesuai kebutuhan. Karena bisa diatur, mereka didesain untuk bisa mengalirkan udara yang dibutuhkan. Aliran udara yang berembus ke mata dapat menyebabkan mata kering. Jadi penting untuk tetap berjarak pada penyebab iritasi untuk menghindari mata merah.

8. Gunakan tetes mata

Pilihan yang tidak memakan waktu untuk mengatasi mata merah, yaitu dengan menggunakan air mata buatan atau tetes mata. Iwach dilansir Byrdie menyebut cara ini adalah solusi paliang aman dan sederhana untuk mata yang teriritasi karena dapat membantu mengeluarkan penyebabiritasi dan mengatasi kekeringan. Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat menggunakan obat tetes pelumas sesering yang Anda butuhkan. Beberapa bahkan khusus untuk pemakai lensa kontak.

Itulah kedelapan cara mengatasi mata merah, meski tips terakhir menggunakan obat tetes mata, Anda bisa memakai langkah sebelumnya sebagai alternatif. Tetapi apabila mata merah diikuti perih dan pandangan mata kabur, penting untuk segera periksa ke dokter mata.