Bagikan:

YOGYAKARTA – Pada bagian sklera atau bagian putih pada mata berwarna kuning, bisa diakibatkan penyakit tertentu, atau dikenal penyakit kuning. Tetapi ada pula penyebab lainnya yang memengaruhi warna mata tanpa mengubah anatominya.

Penyakit kuning, disebabkan kadar bilirubin dalam darah terlalu tinggi. Bilirubin adalah zat limbah berwarna kuning yang ditemukan dalam cairan empedu. Cairan ini dibuat hati membantu memecah lemak. Nah, kalau banyak bilirubin dalam aliran darah menyebabkan kulit dan mata bersemu kuning. Penyakit kuning penyebabnya berbeda-beda, baik pada orang dewasa, anak-anak, dan bayi baru lahir.

penyebab mata orang dewasa dan anak-anak berwarna kuning
Ilustrasi penyebab mata orang dewasa dan anak-anak berwarna kuning (Freepik)

Pada bayi yang baru lahir, melansir Medical News Today, Rabu, 8 Mei, mata kuning biasanya merupakan gejala penyakit kuning. Ini karena organ hati masih dalam tahap pematangan sehingga bilirubin menumpuk dengan cepat daripada kemampuan hati bayi untuk memecahnya.

Selain ditandai dengan kulit menguning, orang tua juga harus mewaspadai masalah makan atau minum ASI, kekurangan energi, sensitif atau lekas marah, dan demam. Sebagian besar kasus penyakit kuning pada bayi baru lahir tidak berbahaya dan bisa sembuh tanpa pengobatan seiring semakin matangnya hati. Namun tetap penting rutin periksa ke dokter anak untuk mengenali lebih awal jika terjadi ketidakcocokan darah antara bayi-ibu, infeksi, dan pendarahan internal.

penyebab mata orang dewasa dan anak-anak berwarna kuning
Ilustrasi penyebab mata orang dewasa dan anak-anak berwarna kuning (Freepik/master1305)

Pada orang dewasa dan anak-anak lebih besar, mata kuning sering kali karena masalah yang lebih serius. Ada tiga alasan terjadinya penyakit kuning bagi orang dewasa dan anak-anak yang lebih besar, diantaranya sebagai berikut:

  1. Penyakit hati atau cedera hati yang menyebabkan jenis penyakit kuning yang disebut penyakit kuning hepatoseluler.
  2. Penyumbatan pada sistem saluran empedu, sehingga cairan bilirubin menumpuk dan disebut dengan penyakit kuning obstruksi.
  3. Peradangan akut atau infeksi hati.
  4. Anemia hemolitik, yang merupakan kelainan darah terjadi ketika tubuh memecah sel darah merah terlalu cepat sehingga produksi bilirubin meningkat.
  5. Malaria, yang merupakan infeksi darah ditularkan oleh nyamuk dan dapat menyebabkan penyakit kuning.
  6. Pankreatitis atau infeksi pankreas yang menyebabkan pembengkakan.
  7. Kanker terntentu, seperti kanker hati dan pankreas.
  8. Pengobatan yang mengharuskan pasien minum obat tertentu juga berefek samping pada mata kuning. Seperti obat acteaminphen, penisilin, kontrasepsi oral, dan steroid anabolik.
  9. Sirosis, yaitu jaringan parut pada hati yang menurunkan kemampuan organ ini menyaring bilirubin.

Itulah daftar penyebab penyakit kuning pada orang dewasa dan anak-anak lebih besar yang menyebabkan mata berwarna kuning. Beberapa penyakit kuning yang tidak berbahaya pada orang dewasa dan anak-anak jarang terjadi. Untuk itu penting sekali periksa ke dokter agar penyebab serius bisa tertangani dengan baik secara medis.