Bagikan:

YOGYAKARTA - Daki di leher dapat terbentuk karena terjadinya penumpukan minyak, keringat, kotoran, hingga sel kulit mati, yang tidak dibersihkan secara rutin dengan tepat. Terlebih jika setiap harinya begitu banyak aktivitas yang kita lakukan di luar ruangan atau di jalan. Selain itu, pada beberapa kondisi, kondisi mirip daki di leher juga dapat diakibatkan oleh hiperpigmentasi, akantosis nigrikan, akibat trauma, hingga karena konsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka panjang, contohnya fenitoin.  Lantas bagaimana cara menghilangkan daki di leher? Simak ulasannya di bawah ini.

Cara menghilangkan daki di leher akan dilakukan secara custom menyesuaikan dengan penyebabnya. Biasanya, cara-cara tersebut baru akan efektif jika diterapkan secara rutin dan konsisten.

Ilustrasi. (Pixabay)

Cara Menghilangkan Daki di Leher

Namun, jika daki di leher disebabkan oleh penumpukan kotoran, ada beberapa cara cara menghilangkan daki di leher yang dapat Anda lakukan, dilansir dari laman Healthy, berikut caranya:

Menggosok leher saat mandi

Cara menghilangkan daki di leher yang paling mudah yaitu dengan menggosok leher saat sedang mandi. Saat tubuh Anda sedang basah, gosoklah area leher dengan spons, shower puff, atau waslap. Alat-alat bantu tersebut dapat Anda gunakan secara efektif dalam membersihkan kotoran, keringat, minyak, dan sel kulit mati.

Sehingga, daki yang ada di leher dapat terangkat dan kulit leher akan terlihat cerah dan lebih bersih. Namun, Anda cukup menggosok leher secara perlahan agar kulit tidak iritasi atau bahkan luka.

Gunakan sabun yang mengandung eksfoliator

Untuk menghilangkan daki di leher dengan efektif, Anda dapat menggunakan sabun yang mengandung zat eskfoliator, seperti AHA (alpha hydroxy acids) dan BHA (beta hydroxy acids) saat mandi dan menggosok leher. AHA dan BHA bisa mengangkat sel kulit mati yang ada di lapisan kulit terluar.

Selain itu, kedua kandungan ini juga efektif dalam memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi kemunculan garis-garis halus. Dengan kata lain, penggunaan sabun yang mengandung AHA dan BHA bukan hanya mampu mengatasi leher berdaki, tetapi juga dapat membuat kulit leher terlihat lebih kencang.

Melakukan scrubbing secara rutin

Selain mandi dan memanfaatkan sabun yang tepat, Anda juga dapat melakukan eksfoliasi tambahan untuk melenyapkan daki di leher. Caranya dengan melakukan scrub, setidaknya 1–2 kali dalam seminggu. Scrub adalah bahan yang efektif untuk menghilangkan daki di leher.

Anda dapat menggunakan scrub yang sudah dijual di pasaran dan ikuti cara penggunaannya. Jika ingin menghemat, Anda juga bisa membuat scrub alami sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur, misalnya adalah gula merah.

Cara membuat scrub dari gula merah juga cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan ½ cangkir gula merah dengan ¼ cangkir minyak kelapa dan 2 sendok teh madu. Aduk sampai tercampur rata, selanjutnya manfaatkan sebagai scrub untuk membersihkan daki di leher.

Namun, jika cara menghilangkan daki di leher sudah Anda lakukan dan daki belum juga menghilang atau semakin tebal, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebab warna kehitaman di leher yang membutuhkan penanganan khusus dari pihak medis.

Demikianlah ulasan tentang cara menghilangkan daki di leher. Mulailah untuk melakukan semua cara yang sudah dibagikan di atas. Semoga bermanfaat. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.