Bagikan:

YOGYAKARTA – Kesemutan pada kaki digambarkan sebagai sensasi seperti geli atau di tusuk-tusuk. Selain itu, kaki mungkin akan terasa kebas dan nyeri. Sedianya. kesemutan hanya akan berlangsung beberapa saat, dan akan sembuh sendiri ketika aliran darah ke saraf normal kembali. Akan tetapi, jika perasaan kesemutan berlanjut dalam jangka waktu yang lama, Anda perlu tahu cara menghilangkan kesemutan pada kaki.

Cara Menghilangkan Kesemutan di Kaki

Dikutip VOI dari Healthline, Minggu, 15 Januari 2023 berikut cara menghilangkan kesemutan di kaki:

  1. Menggerakkan Anggota Badan

Menggerakkan anggota badan merupakan salah satu cara menghilangkan kesemutan di kaki. Dengan melakukan sedikit peregangan atau berjalan kaki disekitar meja, Anda bisa mengembalikan aliran darah ke seluruh tubuh.

Selain itu, Anda juga menggerakkan jari-jari kaki Anda untuk menghilangkan kesemutan di kaki. Cara ini dapat memicu aliran darah ke seluruh bagian kaki Anda.

  1. Meregangkan Leher dan Punggung

Meregangkan leher dan punggung bisa membantu melancarkan peredaran darah ke tangan dan kaki. Terkait hal ini, Anda bisa menggerakkan kepala Anda ke kanan dan kiri.

  1. Gunakan Ukuran Sepatu yang Tepat

Sebagian orang terkadang tidak menyadari bahwa ukuran sepatu ternyata bisa membuat kaki kesemutan. Selain itu, mengenakan stocking yang terlalu ketat setiap hari juga bisa memicu kesemutan pada kaki Anda.

Oleh sebab itu, gunakanlah sepatu yang nyaman dan sesuai dengan ukuran kaki Anda supaya tekanan pada kaki dapat berkurang dan peredaran darah menuju kaki kembali lancar. Hindari juga memakai stocking yang terlalu ketat, sebab hal ini bisa mengakibatkan peredaran darah di kaki tidak lancar.

  1. Lakukan Pijatan di Kaki
Ilustrasi memberikan pijatan di kaki yang kesemutan
Ilustrasi memberikan pijatan di kaki kesemutan (PIXABAY/andreas160578)

Memberikan pijatan di kaki dapat menjadi salah satu cara menghilangkan kesemutan. Memijat kaki bisa melancarkan peredaran darah dan mencegah terjadinya kesemutan.

Tak hanya menghilangkan kesemutan, pijatan di kaki juga membuat tubuh dan pikiran terasa lebih segar dan rileks.

  1. Hilangkan Tekanan

Cara menghilangkan kesemutan yang terakhir adalah menghilangkan tekanan pada area tubuh yang mengalami kesemutan.

Pastikan tidak ada yang mengganggu aliran darah menuju bagian tubuh tersebut.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan tekanan, yakni mengganti posisi tidur, berhenti menyilangkan kaki, berdiri dan menggerakan kaki sejenak, melepaskan pakaian yang terlalu ketat, dan aksi lain yang bisa menghilangkan tekanan pada anggota tubuh Anda.

Dengan mengembalikan aliran darah, dalam waktu beberapa saat, kesemutan yang Anda rasakan akan menghilang.

Beberapa Kondisi Medis yang Menyebabkan Kesemutan

Masih dari Healthline, ada beberapa kondisi medis yang bisa memicu kaki kesemutan, antara lain:

  • Kecanduan minum alkohol
  • Diabetes
  • Mengidap berbagai penyakit sistemik
  • Sindrom saraf kejepit
  • Kekurangan atau kelebihan vitamin
  • Keracunan
  • Efek samping obat

Sedianya, kesemutan bukanlah masalah kesehatan yang serius atau perlu mendapatkan perhatian khusus. Akan tetapi, apabila kesemutan terus menerus atau terlalu sering, bahkan sampai timbul rasa nyeri, sebaiknya Anda konsultasikan kondisi ini ke dokter agar mendapatkan terapi yang tepat.

Dokter mungkin akan memberikan terapi sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Demikian informasi tentang cara menghilangkan kesemutan di kaki. Semoga bermanfaat!