3 Kebiasaan Ini Bisa Bantu Tidur Nyenyak di Malam Hari

JAKARTA - Kualitas tidur yang baik pada malam hari sangat penting agar aktivitas keesokan hari dapat berjalan dengan lancar. Tidur yang nyenyak dan berkualitas sangat bergantung pada kegiatan yang dilakukan sehari-hari.

Terdapat tiga kebiasaan dalam sehari-hari yang jika dilakukan dengan rutin dapat membantu tidur nyenyak. Simak ulasannya berikut ini, yang dilansir dari Real Simple.

1. Olahraga saat pagi hari

Olahraga tidak hanya membuat tubuh bugar, menurunkan berat dan membentuk badan, tetapi juga dapat mendorong istirahat yang berkualitas di malam hari. Olahraga dapat membantu beberapa hal terkait tidur, seperti suhu tubuh dan detak jantung, sehingga membuat lebih nyenyak.

2. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap harinya akan berpengaruh pada tidur. Pastikan menu makan malam dapat mencegah Anda merasa lapar di waktu jelang tidur, sehingga dapat tidur tepat waktu dan nyenyak.

Meski demikian, makan di malam hari dalam jumlah banyak juga tidak dianjurkan karena dapat memengaruhi kualitas tidur. Jadi, makanlah dengan secukupnya pada malam hari.

3. Jangan tidur siang terlalu lama

Sebenarnya tidak ada larangan untuk rentang waktu tidur siang Anda. Namun, perlu diketahui bahwa tidur siang dalam waktu lama akan membuat Anda terjaga di malam hari.

Tidur siang selama 20 sampai 30 menit sudah sangat cukup untuk mengembalikan energi. Dengan tidur siang di rentang waktu tersebut akan membuat Anda ngantuk di waktu yang tepat di malam hari dan tidur yang cukup.