Bagikan:

YOGYAKARTA - Siapa yang tidak ingin tidur nyenyak setelah seharian beraktivitas? Jika Anda sering mengalami kesulitan tidur, cobalah untuk mengubah kebiasaan sebelum tidur.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi minuman alami atau herbal yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Minuman Alami yang Bantu Tidur Nyenyak

Dilansir dari laman Intermountain Healthcare, berikut ini beberapa minuman yang bisa membuat tidur Anda nyenyak:

  • Susu Hangat

Selama bertahun-tahun, susu hangat telah digunakan sebagai cara tradisional untuk membantu tidur, dan masih menjadi pilihan populer hingga saat ini.

Meskipun sebuah artikel di New York Times menyebutkan bahwa bukti ilmiah untuk mendukung kebiasaan ini belum cukup, banyak orang percaya bahwa susu hangat bisa membantu.

Hal ini karena susu mengandung triptofan, asam amino yang setelah dikonsumsi diubah menjadi melatonin, hormon yang membantu mengatur tidur alami.

Triptofan juga ditemukan dalam makanan berkarbohidrat tinggi, yang membuat kita merasa mengantuk setelah makan besar.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Apakah Boleh Konsumsi Kunyit Setiap Hari? Begini Penjelasan dan Efek Sampingnya

  • Susu Almond

Susu almond bisa menjadi alternatif lain untuk memudahkan tidur. Penelitian menunjukkan bahwa kadar serotonin yang sehat di otak berperan penting dalam memulai tidur yang  dipengaruhi oleh triptofan dan ada dalam susu almond dan susu sapi.

Susu almond juga kaya magnesium, mineral penting yang dapat meningkatkan kualitas tidur.

Susu almond bisa menjadi alternatif lain untuk memudahkan tidur (freepik)
  • Susu Malt

Minuman seperti Ovaltine atau susu malt lainnya dikenal membantu tidur. Susu malt mengandung vitamin B, zinc, zat besi, fosfor, dan magnesium, yang merupakan kombinasi sempurna untuk membantu tubuh rileks sebelum tidur.

  • Teh Valerian

Akar valerian telah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengurangi kecemasan dan merangsang ketenangan. Sekarang, valerian sering dimanfaatkan untuk membantu mengatasi gangguan tidur, terutama insomnia.

Biasanya, valerian dikombinasikan dengan herbal lain seperti lemon balm dan hops yang juga membantu memunculkan rasa kantuk. Namun, valerian dapat menyebabkan ketergantungan jika digunakan terlalu sering.

  • Teh Hijau Dekafeinasi

Teh hijau, terkenal karena manfaatnya dalam penurunan berat badan, juga dapat membantu tidur jika dikonsumsi dalam bentuk tanpa kafein.

Teh hijau juga mengandung theanine, asam amino yang membantu mengurangi stres dan mendukung tidur yang lebih nyenyak.

Meskipun kafein dalam teh hijau biasa dapat mengganggu manfaat ini di pagi hari, versi dekafeinasi bisa menjadi pilihan tepat sebelum tidur.

  • Teh Chamomile

Seperti halnya susu hangat, teh chamomile adalah solusi alami untuk membantu tidur. Selama bertahun-tahun, para ahli merekomendasikan chamomile sebagai obat bagi mereka yang mengalami insomnia.

Teh ini juga menenangkan, bebas kafein, dan sering dikonsumsi untuk meredakan ketegangan. Beberapa orang juga mengkombinasikan chamomile dengan suplemen alami lainnya, seperti magnesium untuk meningkatkan efeknya.

  • Teh Herbal dengan Lemon Balm

Teh herbal tanpa kafein, terutama ketika dipadukan dengan lemon balm dapat menjadi solusi ideal untuk tidur nyenyak. Lemon balm, juga dikenal sebagai balm mint, efektif mengurangi stres, mengatasi insomnia, dan mendukung tidur yang lebih baik.

Untuk membuat ramuan ini cukup cuci sekitar 10 daun lemon balm, tambahkan ke air mendidih, biarkan meresap selama lima menit, lalu tambahkan madu sebelum diminum.

Selain minuman alami yang bantu tidur nyenyak, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!