Bagikan:

YOGYAKARTA - Ketika sakit demam tentunya kondisi badan kita bakal drop dan tidak enak banget untuk melakukan aktivitas. Rasanya tuh ingin tidur tapi susah, oleh karena itu kali ini kita bakal membahas terkait cara agar tidur nyenyak saat demam. Simak sampai selesai, ya!

Pentingnya Tidur Ketika Sakit

Pasalnya, menurut para ahli, ketika tidur, penyembuhan terjadi lebih cepat. Hal itu dikarenakan ketika tidur, tubuh kita memproduksi hormon pertumbuhan sehingga ada proses perbaikan di tubuh.

Proses tersebut membantu memperbaiki sel dan meningkatkan produksi sel T yang berfungsi untuk melawan penyakit. Tidur nyenyak amat dibutuhkan karena tubuh jadi memproduksi interlukin-6 yang penting untuk kekebalan badan, kalian. Lantas, bagaimana agar bisa tidur nyenyak ketika sakit?

Ilustrasi Sulit Tidur (Gambar Isabella Fischer-Unsplash)
Ilustrasi Sulit Tidur (Gambar Isabella Fischer-Unsplash)

Cara Agar Tidur Nyenyak Saat Demam

I. Meninggikan Posisi Tubuh

Tidur dengan posisi badan yang lebih tinggi pula dapat menolong tidur lebih nyenyak. Saat kita dalam posisi tiduran, cairan serta lendir dapat mengumpul di paru-paru serta saluran respirasi, sehingga dapat menimbulkan iritasi serta batuk di malam hari.

Dengan meninggikan bagian kepala hingga ke bagian punggung, ini dapat menolong membuka jalur udara sehingga kita dapat bernapas lebih nyaman.

II. Memakai Humidifier

Humidifier yang digunakan di kamar saat tidur dapat menolong saluran pernapasan senantiasa lembap serta kurangi iritasi di paru-paru. Setelah itu, menggunnakan humidifier pula dapat kurangi penyebaran infeksi dari saluran pernapasan kering serta tenggorokan. Jadi, guna humidifier ini dapat menolong pernapasan lebih nyaman.

III. Mengganti Sprei

Mengganti sprei penting sebab saat sakit kita umumnya berkeringat, sehingga di sprei bisa terdapat kuman yang melekat. Triknya supaya kuman tidak menumpuk di sprei yaitu dengan mengganti serta mencuci sprei paling tidak seminggu sekali.

Ini penting buat mensterilkan sisa kuman ataupun virus yang dapat hidup di material kain. O iya, buat kalian yang mempunyai kondisi semacam alergi ataupun asma hendaknya mengganti sprei lebih sering sebab debu dapat melekat pula di situ.

IV. Menjaga Suhu Ruangan

Suhu yang lebih rendah ataupun dingin dapat menolong kita tidur lebih nyenyak. Tidur di ruangan bersuhu rendah dapat membuat siklus Rapid Eye Movement (REM) tidur lebih baik serta kualitas tidur pula lebih baik.

Sebaliknya, tidur di ruangan yang bersuhu tinggi ataupun panas dapat membuat kualitas tidur menurun. Sebabnya suhu yang panas dapat menganggu ritme sirkadian ataupun jam biologis mengatur suhu badan secara natural.

Suhu yang rendah itu nyatanya menirukan suhu dasar tubuh, ini merupakan suhu natural yang diatur badan saat mempersiapkan kita buat tidur.

Makanan dan Minuman untuk Bantu Mengatasi Susah Tidur

I. Susu Hangat serta Madu

Mengkonsumsi susu hangat di malam hari sanggup menolong kalian buat tidur nyenyak. Karena, di dalam segelas susu memiliki tryptophan serta asam amino.

Tidak cuma susu, madu pula baik buat kalian minum saat sebelum tidur. Bahan natural ini kaya akan glukosa yang bermanfaat buat memberitahu otak untuk menurunkan kinerja oreksin. Kalian cuma perlu minum satu sendok madu buat bisa tidur nyenyak.

II. Kacang-kacangan

Salah satu tipe kacang yang baik buat menanggulangi tak bisa tidur yaitu kacang almond. Isi magnesiumnya yang tinggi serta triptofan di dalamnya bisa menolong kurangi kerja saraf serta otak.

III. Oatmeal Ataupun Nasi

Oatmeal ataupun nasi jadi makanan sumber karbohidrat yang dapat kalian konsumsi saat sebelum tidur. Karena, seperti yang tertulis dalam riset pada jurnal Plos One, konsumsi karbohidrat menjelang tidur bakal menolong merangsang timbulnya rasa kantuk serta tingkatkan durasi tidur.

Walaupun demikian, kalian senantiasa wajib memperhatikan asupan serta waktu makan. Karena, nasi dapat menyebabkan kenaikan gula darah secara signifikan.

IV. Teh chamomile

Khasiat teh buat relaksasi memanglah sudah tidak perlu kalian ragukan lagi. Mengkonsumsi teh herbal, misalnya teh chamomile ataupun kamomil dapat menolong menanggulangi tidak bisa tidur yang kalian alami.

Karena, minuman sehat ini mempunyai kandungan flavon, sejenis antioksidan yang menolong menanggulangi peradangan pemicu susah tidur. Tidak hanya flavon, teh chamomile pula memiliki antioksidan apigenin.

Selain itu, baca juga: “Tips dan Cara Aman Menggunakan Kipas Angin Saat Tidur agar Tak Masuk Angin”.

Jadi setelah mengetahui cara agar tidur nyenyak saat demam, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!