Bagikan:

YOGYAKARTA - Bicara soal tips memilih aroma terapi agar cepat tidur memang butuh refrensi dan gaboleh ngasal, oleh sebab itu kali ini kita bakalan membahasnya di sini.

Aroma terapi merupakan perawatan untuk memulihkan kembali kesehatan fisik dan juga psikis yang mengandalkan ekstrak dari tumbuhan alami. Teknik ini juga kalian kenal dengan terapi minyak esensial karena bahan yang dipakai ialah minyak esensial.

Nah, metode memakai minyak esensial buat aroma terapi ada bermacam cara, yaitu Kalian hirup langsung dari botol, ataupun Kalian ganti jadi uap dengan dukungan diffuser. Tidak hanya itu, dapat pula Kalian oleskan ataupun pijatkan ke kulit ataupun campur dengan air buat berendam.

Salah satu kemampuan aroma terapi yaitu menolong seorang buat tidur lebih nyenyak. Aroma dari minyak esensial bisa menolong meringankan pikiran serta merelaksasi otot badan yang tegang sehingga dapat kurangi tekanan pikiran, kecemasan, serta rasa sakit yang kerap mengusik tidur.

Suatu penelitian dalam Iranian Red Crescent Medical Journal memberi tahu khasiat terapi minyak esensial buat tingkatkan mutu tidur pada ibu yang baru saja bersalin.

Sebanyak 158 ibu dipecah jadi 2 kelompok; satu kelompok diminta buat memakai minyak lavender di malam hari serta satunya tidak memakai wewangian. Sepanjang 8 minggu, ibu yang memakai minyak lavender, bisa tidur lebih nyenyak.

Tips Memilih Aroma Terapi Agar Cepat Tidur

Terdapat bermacam-macam jenis minyak esensial. Tetapi, buat tingkatkan kualitas tidur terdapat beberapa minyak esensial buat aromaterapi, antara lain:

I. Lavender Oil

Isi minyak dari bunga yang berasal dari tumbuhan Lavandula angustifolia yang beraroma harum ini dapat menyegarkan udara sehingga membuat Kalian bisa tidur dengan nyenyak.

II. Cedarwood Oil

Minyak ini berasal dari kayu tumbuhan cedar, yaitu Cedrus atlantica bisa menolong Kalian tidur lebih lama.

III. Bergamot Oil

Aroma terapi buat tidur ini berasal dari buah yang mirip jeruk dengan nama latin Citrus bergamia. Minyak dari buah ini menolong menenangkan pikiran sehingga membuat Kalian lebih gampang terlelap.

IV. Valerian Root Oil

Banyak yang menyajikan minyak akar valerian ini selaku bahan utama teh herbal buat menolong tidur lebih cepat serta bangun lebih bertenaga.

V. Chamomile Oil

Peneliti menampilkan kalau pemakaian minyak esensial dari tumbuhan chamomile bisa kurangi frekuensi lansia bangun di tengah malam. Perlu Kalian tahu kalau lansia ialah kelompok usia yang rentan alami gangguan tidur.

Walaupun terdapat banyak deretan aroma terapi yang dapat menolong Kalian buat tidur lebih baik, tidak semua mempunyai efek yang sama. Sebagian tipe minyak esensial dapat memunculkan efek kebalikannya, yaitu membuat Kalian jadi lebih waspada sehingga tidak sesuai buat Kalian pakai pada malam hari.

Contoh minyak esensial yang dapat mengganggu tidur yaitu minyak esensial dari kayu cendana, rosmary, ataupun ranting pohon jeruk pahit. Ketiga minyak esensial ini dapat tingkatkan kewaspadaan dengan menaikkan denyut jantung serta tekanan darah, dan laju pernapasan Kalian.

Efek Samping Aroma Terapi

Walaupun penelitian sudah menampilkan kemampuan minyak esensial buat menolong tidur lebih nyenyak, tidak semua orang bakal merasakan khasiatnya. Malah menimbulkan permasalahan sehabis pemakaian, salah satunya memunculkan respon alergi.

Perihal ini mungkin terjadi bila orang yang memakai metode ini mempunyai alergi pada kandungan tertentu yang terdapat pada minyak esensial. Bisa jadi pula diakibatkan oleh pemakaian minyak esensial yang tidak benar selaku aromaterapi.

Perlu Kalian tahu kalau minyak esensial sangat kuat sehingga tidak boleh Kalian pakai secara berlebihan. Saat Kalian mau memijat tubuh dengan minyak esensial, campurkan minyak pembawa seperti jojoba oil ataupun almond oil.

Apabila aroma terapi tidak menolong Kalian buat tidur lebih nyenyak, Kalian dapat mencoba teknik lain. Mulai dari menjauhi kebiasaan yang mengacaukan tidur ataupun melaksanakan terapi relaksasi sebelum tidur.

Tetapi, bila kesemua metode tersebut tidak sukses, konsultasikan pada dokter mengenai keadaan Kalian. Dokter bakal menolong mencari penyebab sekalian menentukan perawatan yang sesuai.

Selain itu kalian juga perlu mengetahui: “7 Aroma Essential Oil yang Bantu Cegah Mabuk Perjalanan”.

Jadi setelah mengetahui tips memilih aroma terapi agar cepat tidur, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!