Taufik Hidayat Siap Penuhi Target Olimpiade 2028

JAKARTA – Taufik Hidayat siap bekerja guna mencapai target besar Indonesia yang diinginkan oleh Presiden Prabowo Subianto di Olimpiade Los Angeles 2028.

Legenda bulu tangkis Indonesia tersebut baru saja dilantik menjadi Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga (Wamenpora) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Senin, 21 Oktober 2024.

Taufik mengatakan bahwa ia akan berusaha membantu Menpora sekaligus membuktikan diri untuk memenuhi keinginan Presiden Prabowo mendapat lebih dari dua medali emas di Los Angeles nanti.

"Target besarnya Presiden (Prabowo Subianto) itu adalah Olimpiade Los Angeles 2028," ujar Taufik saat acara Ramah Tamah Menteri dan Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga di Kantor Kemenpora pada Selasa, 22 Oktober 2024, siang WIB.

Taufik punya nama besar di dunia olahraga, khususnya bulu tangkis. Dia adalah peraih medali emas tunggal putra Olimpiade Athena 2004.

Selain sebagai mantan atlet, Taufik juga pernah menjadi Wakil Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) 2016-2017 serta menjadi Staf Khusus Kemenpora tahun 2017-2018.

Taufik mengaku senang bisa kembali ke lingkungan yang tidak asing buatnya. Ia pun berharap bahwa dirinya bisa berbuat banyak untuk membantu Kemenpora dengan bekal pengalaman tersebut.

"Mudah-mudahan dengan nama dan prestasi saya, saya bisa membantu Menteri untuk meningkatkan prestasi olahraga lebih tinggi. Saya ingin membuktikan tidak hanya di lapangan," ujar dia.

Prestasi terbaik Indonesia dalam sejarah Olimpiade adalah dua medali emas dalam dua kesempatan berbeda, masing-masing di Barcelona 1992 dan Paris 2024.

Saat mengirim 29 atlet dari 12 cabang olahraga ke Paris, Indonesia sebenarnya menargetkan bisa mendapat lebih dari dua emas. Namun, target itu akhirnya tidak terpenuhi.