Bagikan:

JAKARTA - Liverpool berhasil membukukan tiga poin usai menekuk Chelsea 2-1 pada pekan kedelapan Liga Inggris, Minggu, 20 Oktober 2024.

Selepas laga, Manajer Liverpool, Arne Slot, mempertanyakan keputusan wasit. Dia ingin membuktikan bahwa The Reds tak selalu diuntungkan sang pengadil ketika bermain di Anfield seperti anggapan banyak orang.

"Para penggemar sangat penting bagi kami. Saya tidak tahu apakah ini sesuatu yang dikatakan orang-orang di Inggris, tetapi mereka mengatakan bahwa Anfield merupakan stadion yang mengesankan."

"Ya, wasit sedikit terkesan dengan kerumunan. Itulah mengapa Anda mendapatkan keputusan mudah yang menguntungkan Anda."

"Namun, hari ini menunjukkan tidak peduli seberapa keras para penggemar. Wasit hanya ingin menunjukkan bahwa ia mampu untuk memberikan keputusan yang harus diambilnya."

"Jadi, itu tidak membantu kami, tetapi itu pasti membantu para pemain kami karena mereka harus bekerja sangat keras," ujar Slot dilansir ESPN.

Pada laga itu, wasit John Brooks kerap memeriksa VAR. Salah satunya insiden pada menit keenam saat Tosin Adarabioyo diberi kartu kuning karena menarik Diogo Jota, yang mengancam akan menerobos pertahanan Chelsea tepat setelah melewati garis tengah.

Liverpool kemudian memimpin setelah Mohamed Salah mengonversi penalti pada menit ke-29. Hadiah penalti didapat karena pelanggaran Levi Colwill terhadap Curtis Jones.

Setelah itu, The Reds batal mendapat tendangan penalti kedua menjelang akhir babak pertama.

Brooks awalnya menunjuk titik putih setelah kiper Chelsea, Robert Sanchez, bertabrakan dengan Jones di kotak penalti.

Namun, usai meninjau keputusan tersebut oleh petugas VAR, Michael Oliver, Brooks kemudian memutuskan tidak ada penalti yang diberikan.

"Jika setiap kali mereka bersorak begitu keras saat Anda melakukan tekel, blok, atau Darwin (Nunez) berlari cepat, atau semua momen ini, itu pasti membantu Anda secara mental."

"Itu sangat penting bagi para pemain. Namun, sayangnya itu tidak terjadi seperti yang selalu dipikirkan semua orang bahwa Anfield selalu memberi Anda penalti mudah."

"Benarkah itu atau tidak? Hari ini, itu menunjukkan lagi bahwa itu tidak benar," kata Slot lagi.

Lalu, Nicolas Jackson menyamakan kedudukan untuk Chelsea pada menit ke-48. Gol itu dianggap offside, tetapi akhirnya tetap disahkan setelah peninjauan VAR.

Beruntung, Liverpool mencetak gol kemenangan pada menit ke-51 melalui Jones usai memanfaatkan assist Salah.

Liverpool berhasil mempertahankan keunggulan hingga akhir laga. Kemenangan itu mengembalikan mereka ke puncak Liga Inggris.

Slot menggambarkan kemenangan atas Chelsea tersebut sebagai yang tersulit dalam masa jabatannya hingga saat ini.

"Banyak pertandingan lain yang sulit, tetapi ini mungkin yang tersulit karena jumlah pemain berkualitas yang mereka miliki dan struktur yang mereka miliki."

"Kami harus berjuang sangat keras untuk memenangi pertandingan ini," kata pelatih asal Belanda itu.