Bagikan:

JAKARTA - RB Leipzig akan kedatangan Liverpool di Red Bull Arena pada matchday ketiga Liga Champions 2024/2025, Kamis, 24 Oktober 2024.

Duel tersebut tak bisa dilepaskan dari sosok Jurgen Klopp. Pelatih asal Jerman tersebut kini mengemban tugas baru menjadi Kepala Global Football Red Bull.

Tugasnya ialah melakukan supervisi terhadap semua klub yang ada di bawah naungan Red Bull, salah satunya tentu Leipzig, lalu Red Bull Salzburg, New York Red Bulls, dua klub di Brasil, dan satu tim Jepang liga level ketiga. Namun, Klopp baru aktif menjalankan perannya pada Januari 2025.

Meski demikian, Klopp bisa menyaksikan mantan anak asuhnya berkunjung ke Jerman. Dia tentu ingin melihat bagaimana kelanjutan Liverpool di bawah Arne Slot.

Pertemuan ini menjadi momen sulit buat Klopp. Dia harus bekerja profesional dengan Red Bull, tapi tidak bisa melepaskan kecintaannya terhadap The Reds.

Apalagi, Klopp jugalah yang membuat Liverpool superior di hadapan Leipzig. Pada tiga pertemuan sebelumnya, dua di Liga Champions dan satu di persahabatan, The Reds selalu menang atas Leipzig.

Rekornya pun tak main-main. Liverpool menang di dua laga tandang dan satu kandang dengan torehan sembilan gol tanpa kebobolan.

Bicara sekarang, The Reds pun masih diunggulkan sepeninggal Klopp pada akhir musim kemarin.

Anak asuh Arne Slot dengan mudah menumbangkan dua klub Italia, AC Milan (3-1) dan Bologna (2-0) di dua laga pembuka Liga Champions musim ini.

Revolusi Arne Slot tidak menunjukkan tanda-tanda menurunkan performa The Kop. The Reds telah melewati salah satu ujian terberat untuk mempertahankan gelar Liga Inggris saat mereka menekuk Chelsea 2-1 di Anfield.

Perjalanan apik itu membuat Liverpool kini ada di puncak klasemen Liga Inggris musim ini dengan keunggulan satu poin dari Manchester City (20 poin) dari delapan laga.

Bergeser lagi ke Liga Champions, Liverpool ada di peringkat kelima klasemen. Mereka kini akan mengejar kemenangan juga di kandang Leipzig demi catatan kemenangan kedelapan berturut-turut di semua ajang.

Peluang itu pun terbuka mengingat The Reds telah memenangi kelima pertandingan tandang mereka di bawah Arne Slot sejauh ini.

Mereka pun menjaga tiga clean-sheet dan hanya kebobolan dua gol dalam lima laga tersebut.

Belum lagi fakta bahwa sejak musim 2001-2002 Liverpool tidak pernah dikalahkan oleh tim Jerman di Liga Champions. Rangkaian termasuk dua kemenangan di bawah Klopp, yaitu 2-0 di Red Bull Arena dan 2-0 di Anfield.

Statistik itu semakin mengerdilkan Leipzig. Apalagi, tuan rumah belum meraih satu poin pun di Liga Champions.

Mereka kalah di dua laga awal melawan Atletico Madrid (1-2) dan Juventus (2-3). Praktis, pasukan Marco Rose hanya bisa mengandalkan motivasi dari perjalanan di Bundesliga.

Leipzig belum pernah kalah dalam tujuh pertandingan Bundesliga, lima kemenangan dan dua seri.

Hanya saja, raihan itu pun diprediksi tak akan banyak membantu mengingat kampanye Liverpool sedang bagus-bagusnya.

Tanpa beberapa pilar pun, The Reds masih tetap kuat. Arne Slot mungkin tak bisa menurunkan Diogo Jota, Alisson Becker (otot paha belakang), Conor Bradley, dan Harvey Elliott (kaki) yang masih menjalani perawatan.

Federico Chiesa dan Trent Alexander-Arnold juga masih diragukan tampil. Memang, kalau dilihat kasat mata, Arne Slot krisis bek kanan.

Namun, dia bisa menggeser Joe Gomez untuk kesempatan bermain sebagai starter di pos tersebut.

Kedalaman skuad Liverpool masih mumpuni untuk mempermalukan Leipzig. Terlebih, Rose punya masalah di lini serang setelah pencetak gol terbanyak tim, Lois Openda, juga dipastikan absen.

Amadou Haidara, Xaver Schlager (ACL), David Raum (ligamen), Nicolas Seiwald, dan Assan Ouedraogo (lutut) juga masih dalam perawatan dokter.

Prakiraan Formasi

RB Leipzig (3-4-1-1-2): Gulacsi; Orban, Klostermann, Lukeba; Geertruida, Haidara, Vermeeren, Nusa; Simons; Sesko, Openda

Liverpool (4-2-3-1): Kelleher; Gomez, Konate, Van Dijk, Tsimikas; Mac Allister, Gravenberch; Salah, Jones, Diaz; Nunez

Head-to-Head Leipzig vs Liverpool

22/07/22: Leipzig vs Liverpool 0-5 (Persahabatan)

11/03/21: Liverpool vs Leipzig 2-0 (Liga Champions)

17/02/21: Leipzig vs Liverpool 0-2 (Liga Champions)