Bagikan:

JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mematok target tinggi untuk Kontingen Indonesia di Olimpiade Los Angeles 2028. Empat sampai lima medali emas menjadi tujuan.

Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga (Wamenpora), Taufik Hidayat, mengatakan bahwa mendapat lebih dari dua medali emas ini bakal menjadi target besar yang akan dikejar.

"Nanti jangka panjangnya itu sesuai dengan arahan Bapak Presiden. Target kita itu melebihi dua medali emas di Olimpiade 2028. Itu mungkin target empat atau lima medali emas," ujar Taufik.

Salah satu persiapan untuk memenuhi target besar itu adalah pembangunan Cibubur Youth Elite Sport Center yang rencananya akan selesai pada Desember 2024.

Pusat dari delapan cabang olahraga prioritas dengan fasilitas lengkap berstandar internasional ini nanti akan digunakan sebagai penunjung persiapan atlet-atlet menuju Los Angeles nanti.

Taufik mengatakan bahwa keberadaan tempat ini akan sangat membantu menampa kesiapan atlet sekalipun belum semua cabang olahraga mendapatkan kesempatan.

"Kami harus benar-benar harus menyiapkan jangka panjangnya dan ditunjang lagi dengan fasilitas-fasilitas yang sudah ada. Jadi, kami juga harus memacu atlet kita," ujar dia.

Cibubur Youth Elite Sport Center berdiri di atas lahan seluas delapan hektar. Adapun cabor-cabor yang nanti disiapkan di sini adalah senam, angkat besi, bela diri, renang, panahan, bulu tangkis, sepak bola, dan panjat tebing.

Selain fasilitas latihan lengkap, tempat ini juga memiliki rumah sakit sebagai pusat sport science, sekolah, dan asrama.