Bagikan:

JAKARTA – Cibubur Youth Elite Sport Center bakalan menjadi fasilitas penunjang persiapan atlet-atlet Indonesia untuk menghadapi Olimpiade 2028 Los Angeles, Amerika Serikat.

Proyek strategis yang mengerjakan fasilitas dari delapan cabang olahraga itu pada saat ini masih dalam tahap pembangunan. Targetnya selesai pada Desember 2024 atau meleset dua bulan dari yang seharusnya selesai pada Oktober 2024.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Dito Ariotedjo, mengatakan bahwa fasilitas di tempat ini sudah berstandar dunia bagi semua cabang prioritas Olimpiade.

"Jadi, pastinya ini digunakan untuk atlet muda dan atlet nasional. Jadi, ini kami mengejar bagaimana menuju Olimpiade 2028," ujar Dito saat meninjau lokasi itu pada Selasa, 22 Oktober 2024, siang WIB.

Delapan cabang olahraga yang mendapat fasilitas di atas lahan seluas delapan hektar itu adalah senam, angkat besi, bela diri, renang, panahan, bulu tangkis, sepak bola, dan panjat tebing.

Dito mengungkapkan bahwa selain sarana olahraga yang lengkap dengan standar internasional, tempat ini juga bakal dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

"Bahkan, ada fasilitas selanjutnya rumah sakit olahraga. Letaknya di sebelah yang akan dijadikan sport science. Jadi, kompleks Cibubur ini dimodifikasi dan dimaksimalkan fungsionalnya," kata dia.

Dito, yang sebelumnya pernah menjabat Menpora di Kabinet Indonesia Maju era Presiden Joko Widodo, kembali mendapat kepercayaan dari Presiden Prabowo Subianto dalam Kabinet Merah Putih masa bakti 2024-2029.

Dalam menjalankan tugasnya, politisi dari Partai Golkar tersebut akan dibantu oleh Taufik Hidayat di posisi Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga.

Kehadiran legenda bulu tangkis itu diharapkan bisa membantu meningkatkan prestasi Indonesia di level internasional.

Salah satu target besar yang diemban kedua nama itu adalah membawa Indonesia mendapat lebih dari dua medali emas di Olimpiade Los Angeles 2028.

Sejauh ini prestasi terbaik Indonesia di Olimpiade adalah dua medali emas dalam dua edisi berbeda, masing-masing di Olimpiade Barcelona 1992 dan Paris 2024 baru-baru ini.