Cara Menghentikan Panggilan Spam di Ponsel Android

JAKARTA – Telepon spam merupakan salah satu modus penipuan yang sering dialami pengguna ponsel pintar. Saat mendapatkan jenis telepon ini, penelepon biasanya mencoba menjual atau menawarkan sesuatu.

Untuk mengabaikan telepon spam, biasanya pengguna ponsel hanya mengabaikan panggilan tersebut dan tetap melanjutkan aktivitas. Namun, bagi beberapa pengguna yang sedang menggunakan ponsel mereka, hal ini akan sangat mengganggu.

Jika Anda sering mendapatkan telepon spam di ponsel berbasis Android, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan telepon tersebut. Berikut ini beberapa caranya, dilansir dari Android Police.

Gunakan Aplikasi Google Phone

Saat telepon spam yang masuk menggunakan nomor telepon yang berbeda, Anda mungkin malas untuk memblokir nomornya satu per satu. Anda tidak perlu melakukan cara manual jika telah mengunduh aplikasi Google Phone melalui Play Store.

Aplikasi ini memiliki filter spam otomatis yang dapat mencegah panggilan telepon yang tidak diinginkan. Untuk mengaktifkan fiturnya, Anda perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu, lalu ikuti tahapan berikut ini.

  1. Buka aplikasi Google Phone.
  2. Ketuk ikon titik tiga di sudut kanan atas.
  3. Pilih Pengaturan, lalu klik ID Penelepon dan Spam.
  4. Klik toggle button pada opsi Filter Panggilan Spam.

Gunakan Aplikasi Filter Spam

Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi Google Phone, masih banyak aplikasi filter spam yang bisa Anda cari di Play Store. Beberapa aplikasi tersebut di antaranya adalah Called Blocker - Phone ID, Calls Blacklist - Call Blocker, Call Control, dan Truecaller.

Namun, beberapa aplikasi ini mungkin menyimpan data panggilan Anda dan tidak semua aplikasi di Google Play Store aman. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan penyaringan spam default atau dari pengembang terkenal seperti Google.