Sejarah Menara Batavia, Ikon Arsitektur Modern di Tanah Abang

YOGYAKARTA - Sebagai salah satu ikon arsitektur di DKI Jakarta, keberadaan Menara Batavia telah menjadi bagian tak terpisahkan. Berkaitan erat dengan perkembangan bisnis dan perekonomian kota, sejarah menara Batavia menarik untuk Anda simak.

Dari masa lalu hingga kini, Menara Batavia terus bertransformasi dan menyesuaikan diri dengan dinamika zaman. Artikel ini akan membahas beberapa hal yang perlu Anda ketahui dari ikon Ibukota satu ini.

Sejarah Menara Batavia

  • Dibangun Tahun 1997

Dilansir dari laman skyscrapercenter, Menara Batavia adalah sebuah ikon arsitektur modern di Jakarta, dan merupakan salah satu gedung pencakar langit paling menonjol di Indonesia.

Dengan ketinggian mencapai 130,1 meter dan terdiri dari 32 lantai, Menara Batavia merupakan bangunan megah ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari lanskap kota Jakarta sejak selesai dibangun pada tahun 1997.

  • Lokasi Strategis

Berlokasi di Jalan KH Mas Mansyur Kavling 126, Jakarta, Menara Batavia menempati posisi yang sangat strategis di pusat bisnis kota.

Letak Menara Batavia yang berada di kawasan bisnis utama, menjadikan gedung ini sangat mudah diakses baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

  • Gedung Ikonik Tanah Abang

Perlu diketahui, terdapat kompleks perkantoran megah di kawasan Tanah Abang, Jakarta, dikenal sebagai City Center Batavia atau TCC Batavia Towers.

Kompleks ini terdiri dari tiga gedung pencakar langit, salah satunya adalah Menara Batavia yang ikonik. Berdasarkan informasi yang dihimpun, kompleks perkantoran ini berada di bawah naungan Greenwood Sejahtera.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Sejarah Golkar: Digagas Soekarno, Dibesarkan Soeharto

Menara Batavia menjadi ikon Tanah Abang (X-Druupatua)

  • Fungsi Multiguna

Menara Batavia dirancang dengan konsep multifungsi, dengan mengakomodasi berbagai kebutuhan, mulai dari perkantoran hingga hotel.

Dengan desain interior yang modern dan fasilitas yang lengkap, gedung Batavia menjadi pilihan yang menarik bagi perusahaan-perusahaan besar maupun wisatawan yang berkunjung ke Jakarta.

  • Sistem Keamanan dan Keselamatan

Keamanan dan keselamatan penghuni gedung juga menjadi prioritas utama di Menara Batavia. Dilansir dari laman Brasali Group, gedung ini dilengkapi dengan sistem keamanan 24 jam yang terintegrasi, termasuk CCTV yang dipasang di setiap lantai.

Selain itu, terdapat juga sistem deteksi kebakaran otomatis, sprinkler, hidran kebakaran, pintu darurat tahan api, dan selang kebakaran serta pemadam kebakaran di setiap lantai.

Dua tangga darurat dengan kipas bertekanan udara juga tersedia di setiap lantai Menara Batavia untuk memastikan evakuasi yang aman dalam keadaan darurat.

  • Ikon Jakarta

Memiliki ketinggiannya yang menjulang, Menara Batavia menjadi salah satu bangunan tertinggi di Indonesia. Laman skyscrapercenter, mencatat gedung ini berada di urutan 192 gedung tertinggi di Indonesia.

Sementara itu, Menara Batavia berada di urutan ke 9655 sebagai gedung tertinggi di dunia.

Lantaran memiliki desain arsitekturnya yang unik dan modern, membuat Menara Batavia menjadi ikon kota Jakarta. Gedung ini seringkali dijadikan sebagai latar belakang foto atau tempat untuk menikmati pemandangan kota dari ketinggian.

  • Kontribusi bagi Jakarta

Kehadiran Menara Batavia tidak hanya memberikan kontribusi bagi perkembangan sektor properti di Jakarta, tetapi juga menjadi simbol kemajuan dan modernitas kota.

Menara Batavia, dengan demikian telah menjadi salah satu landmark yang paling dikenal di Jakarta dan turut memperkaya khazanah arsitektur Indonesia.

Menara Batavia adalah bukti nyata dari pesatnya perkembangan kota Jakarta. Dengan desain yang modern dan fungsi yang multiguna, gedung ini telah menjadi salah satu ikon kota yang paling dikenal.

Keberadaan Menara Batavia tidak hanya memberikan kontribusi bagi perekonomian kota, tetapi juga menjadi kebanggaan bagi masyarakat Jakarta.

Selain sejarah menara Batavia, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!