Pengisi Suara Darth Vader, James Earl Jones Meninggal Dunia

JAKARTA - Aktor legendaris James Earl Jones meninggal dunia pada Senin, 9 September. Kabar ini dikonfirmasi oleh perwakilan sang aktor.

Barry McPherson selaku perwakilannya menjelaskan Jones meninggal pada Senin pagi di kediamannya di Dutchess County, New York.

James Earl Jones sudah membintangi 80 film dengan beberapa film di antaranya yang menjadi fenomenal pada masa penayangan. Ia mendapat empat nominasi Tony Awards dan memenangkan dua di antaranya berkat film The Great White Hope dan Fences.

Ia juga memenangkan 2 piala dari 8 nominasi Emmy Awards dan ia menjadi aktor pertama yang memenangkan dua Emmy pada tahun yang sama.

Peran James Earl Jones paling fenomenal adalah Star Wars: A New Hope di mana ia memerankan suara Darth Vader. Ia kemudian mendalami peran itu untuk beberapa film dari franchise Star Wars lainnya seperti Return of the Jedi, Rogue One: A Star Wars Story hingga serial Obi-Wan Kenobi.

Akting terakhir James Earl Jones terdapat dalam film Coming 2 America yang dirilis pada tahun 2021. Ia kembali memerankan King Jaffe Joffer dari film pertamanya.

Jones pertama kali menikah dengan aktris Julienne Marie kemudian menikah dengan Cecilia Hart. Hart meninggal pada tahun 2016.

James Earl Jones meninggal pada usia 93 tahun dan meninggalkan sang anak, Flynn Earl Jones.