Pemeran Darth Vader Pertama <i>Star Wars</i>, Dave Prowse Meninggal Dunia
Dave Prowse (Comic Book)

Bagikan:

JAKARTA - Aktor Dave Prowse yang dikenal dengan perannya sebagai Darth Vader di film Star Wars meninggal pada Sabtu, 28 November waktu Inggris.

Melansir Dailymail, Dave Prowse meninggal setelah melawan penyakitnya. Dave Prowse yang dikenal sebagai mantan binaragawan ini meninggal di usia 85 tahun.

Dave Prowse berkarier di dunia akting lebih dari 50 tahun tetapi perannya sebagai Darth Vader adalah sesuatu yang ikonik. Ia memainkan karakter Vader dalam tiga film pertama Star Wars.

Perannya dimainkan Prowse meski suaranya diisi oleh James Earl Jones karena tim produksi tertarik dengan bentuk fisik Dave Prowse. Namun keterlibatannya dalam Star Wars terus dikaitkan dalam bentuk video gim dan versi lainnya.

Sepanjang kariernya, Dave Prowse kerap menyebutkan perannya sebagai Green Cross Code Man adalah pekerjaan yang paling ia banggakan. Saat itu, aktor kelahiran 1 Juli 1935 ini mempromosikan keselamatan berkendara di Inggris.

Dave Prowse juga bermain dalam film Casino Royale tahun 1967 dan film The Horror of Frankenstein tahun 1970.

Saat berakting di film Clockwork Orange tahun 1971, penampilannya menarik perhatian George Lucas, sutradara Star Wars. Prowse melakukan audisi untuk peran Darth Vader dan Chewbacca tetapi pada akhirnya ia berperan sebagai Darth Vader.

Ketika ditanya mengapa memilih Darth Vader, ia menjawab, “Anda akan selalu mengingat pria buruk.”

Dave Prowse terakhir berakting dalam film dokumenter tentang Star Wars, The Force’s Mouth di tahun 2015. Beberapa pegiat film mengirimkan tribut kepada Dave Prowse.

Sutradara Edgar Wright menuliskan, “Sebagai seorang anak, Dave Prowse adalah seseorang yang terkenal; membuntuti koridor sebagai Darth Vader dan menghentikan seluruh generasi anak-anak agar terhindari dari bahaya jalanan sebagai Green Cross Code Man. Istirahat dengan tenang, yang terbaik dari Bristol.”