Google Meet Akan Rilis Fitur Pencatatan Berbasis AI

JAKARTA – Setelah menguji alat pencatatan berbasis Kecerdasan Buatan (AI) selama beberapa minggu, Google akan merilis fitur ini di Google Meet. Fitur baru ini diluncurkan dengan nama Take Notes for Me.

Fitur ini dibangun di atas Duet AI dan tersedia di Google Workspace Labs. Dalam waktu dekat, Takes Notes for Me akan diluncurkan kepada seluruh pelanggan Workspace dengan add-on Gemini Enterprise, add-on Gemini Education Premium, dan add-on AI Meetings & Messaging.

Melalui halaman pembaruan Workspace, Google mengatakan bahwa fitur ini bisa melakukan pencatatan secara otomatis selama rapat berlangsung. Hasil dari pencatatan akan langsung tersimpan di akun Google Drive penyelenggara rapatnya.

"Admin kini dapat mengonfigurasi apakah pengguna mereka dapat menggunakan fitur pencatatan Google AI ini dengan setelan Konsol Admin yang baru," jelas Google. Dengan kata lain, fitur ini perlu diaktifkan oleh admin terlebih dahulu.

Untuk mengonfigurasi setelannya di Konsol Admin, admin bisa membuka menu Google Workspace di dalam aplikasi, lalu pilih Google Meet dan klik setelan Gemini. Selanjutnya, aktifkan opsi Biarkan Orang Menggunakan Google AI Note-taking di Rapat.

"Mirip dengan pengaturan Admin transkrip Meet, kontrol ini memberi admin lebih banyak fleksibilitas untuk menguji fitur dalam unit Organisasi (OU) atau Grup tertentu sebelum menerapkan fitur tersebut secara lebih luas dalam organisasi mereka," kata Google.

Take Notes for Me akan diluncurkan pada 13 Agustus dan diperkirakan selesai pada 21 Agustus. Jika fitur ini tidak terlihat selama rapat diadakan, admin yang membuat ruangan rapat mungkin tidak mengaktifkan atau mengonfigurasi fiturnya di Konsol Admin.