Ditonton 3,7 Juta, Film Kabut Berduri Tempati Top 10 Global di Netflix

JAKARTA - Film Kabut Berduri masuk ke daftar global Top 10 Netflix. Sejak dirilis pada 1 Agustus lalu, film ini terus mendapat apresiasi baik secara lokal maupun internasional.

Netflix Indonesia mengumumkan film arahan sutradara Edwin berada di peringkat ketiga mulai periode 29 Juli hingga 4 Agustus 2024. Film ini masuk ke dalam kategori Global Film Non-English sudah ditonton sebanyak 3,7 juta kali dalam empat hari penayangan.

Film yang memiliki judul internasional Borderless Fog ini juga menempati Top 10 di 25 negara, di antaranya Malaysia, Argentina, Prancis, Brazil, dan Indonesia.

Kabut Berduri mengisahkan Sanja (Putri Marino), seorang polisi yang dipindahtugaskan dari Jakarta menuju perbatasan Kalimantan. Di sana, beberapa kasus kematian orang tanpa kepala sedang dikerjakan polisi setempat untuk mencari siapa dalangnya.

Sanja yang masih merasa asing dengan situasi itu, bekerja di bawah pimpinan Panca (Lukman Sardi), pimpinan polisi setempat yang tegas. Sanja juga bekerja sama dengan Thomas (Yoga Pratama) yang sudah lama bekerja di daerah sana.

Film ini mengambil latar perbatasan Kalimantan dibantu oleh Dave Lumenta sebagai antropolog dalam mendalami budaya dan ceritanya.

“Penelitian pertama tahun 2000 pas masa transisi illegal logging lagi tinggi-tingginya sebagai bagian dari cerita. Menarik untuk melihat perspektif bukan dari nasionalisme tapi sebaliknya,” kata Dave Lumenta dalam sesi private screening beberapa waktu lalu.

“Persoalan di film ini banyak dan diteliti yang berurusan dengan identitas kita. Ujungnya sangat dekat dengan kekerasan di sejarah kita,” kata Edwin selaku sutradara.

Selain Putri Marino, film Kabut Berduri dibintangi Yoga Pratama, Lukman Sardi, Yudi Ahmad Tajudin, Yusuf Mahardika, Iedil Dzuhrie Alaudin, Kiki Narendra, Siti Fauziah, Nicholas Sa[utra, dan Sita Nursanti.