7 Jajanan Tradisional Nusantara Dianggap Desserts Terbaik di Asia

YOGYAKARTA – Setiap kali Anda pergi ke pasar, dengan mudah sekali menemukan makanan tradisional. Banyak variasinya, termasuk yang manis maupun asin. Melansir TasteAtlas, Kamis, 25 Juli, mendaftar 100 makanan penutup atau desserts terbaik di Asia. Tujuh diantaranya dari Indonesia, yang antara lain sebagai berikut ini.

1. Klepon

Klepon berbahan adonan tepung ketan, santan, kemudian dibulat-bulatkan dan diisi gula kelapa atau gula aren. Biasanya diwarnai hijau dan ditambahkan toping parutan kelapa kukus dengan rasa gurih dan asin. Saat dimakan, rasa manis akan meleleh dari dalam klepon. Rasa gurihnya parutan kelapa juga menambah rasa kian paripurna. Klepon, juga tak jarang dihidangkan bersama cenil, getuk iris, dan lupis.

Ilustrasi makanan tradisional Nusantara termasuk desserts terbaik Asia (Freepik/Edgunn)

2. Pisang Goreng

Paling umum dihidangkan bersama kopi saat pagi hari. Tetapi pisang goreng juga bebas dipadukan dengan apa saja. Misalnya sebuah restoran mengkreasikan hidangan pisang goreng dengan es krim durian. Pisang goreng termasuk jajanan tradisional Nusantara yang termasuk makanan penutup terbaik di Asia.

3. Kue Putu

Kue putu berbahan tepung beras dan parutan kelapa dicampur menjadi satu. Kemudian dimasak dalam bumbung bambu sepanjang ukuran ruas jari serta diisi gula merah. Seperti halnya kue, kue putu memiliki tekstur lembut dengan rasa gurih berpadu manis.

Ilustrasi makanan tradisional Nusantara termasuk desserts terbaik Asia (Unsplash/Rizky Rahmat Hidayat)

4. Cendol

Di Nusantara banyak sekali variasi es cendol. Pada prinsipnya, cendol adalah isian minuman manis yang terbuat dari adonan tepung beras kemudian disaring lalu menghasilkan partikel kecil dengan rasa gurih. Es cendol adalah es untuk dessert yang berisi cendol, gula aren cair, santan, dan es. Dawet merupakan salah satu variasi lain es cendol.

5. Dadar Gulung

Lapisan luar dadar gulung terbuat dari campuran tepung beras dan santan kelapa. Kemudian setelah jadi lembaran, lapisan dilipat dan diisi kelapa parut dicampur gula merah atau disebut unti kelapa. Dadar gulung juga dikenal sebagai kuih ketayap atau kuih lenggang.

6. Es Teler

Es teler biasanya berisi buah alpukat, kelapa muda, cendol, dan nangka. Kuahnya campuran susu kental manis ditambah sirup frambozen. Kadang pula ditambahkan santan untuk menambah rasa gurih serta es batu diserut.

7. Kue Lapis

Di Nusantara, banyak sekali jenis kue lapis. Termasuk diantaranya engkak ketan khas Lampung, maksuba dari Palembang, kue lapis sagu dari Betawi, kue pepe’, kue lapis belacan dari Kalimantan Barat, dan balapis Manado. Termasuk sebagai kue basah karena diolah dengan dikukus dan berlapis. Teksturnya lembut sedikit kenyal dengan rasa manis.

Ilustrasi makanan tradisional Nusantara termasuk desserts terbaik Asia (iStock)

Itulah ketujuh makanan tradisional Indonesia yang termasuk makanan penutup terbaik di Asia. Adakah dari daftar makanan selain di atas yang sering Anda nikmati sebagai desserts?