Musk Buat Polling: Apakah Tesla Harus Investasi Rp81,1 Triliun di xAI?

JAKARTA - CEO Tesla, Elon Musk, telah meluncurkan sebuah polling di platform media sosial X baru-baru ini. Ia menanyakan kepada pengguna apakah produsen mobil listrik tersebut harus menginvestasikan  5 miliar dolar AS (Rp81,1 triliun) di startup kecerdasan buatan miliknya, xAI. Suara awal menunjukkan mayoritas mendukung langkah tersebut.

"Persetujuan dewan dan suara pemegang saham diperlukan, jadi ini hanya untuk menguji respons," kata Musk tentang polling tersebut. Polling  dilakukan setelah Tesla melaporkan margin laba terendah dalam lima tahun akibat pemotongan harga dan peningkatan pengeluaran untuk proyek AI.

Selama panggilan konferensi pendapatan Tesla, Musk mengatakan xAI akan "membantu dalam memajukan self-driving penuh dan dalam membangun pusat data Tesla yang baru."  Ia menambahkan bahwa ada peluang untuk mengintegrasikan chatbot xAI, Grok, dengan perangkat lunak Tesla.

Hampir 3 jam setelah polling diposting, sekitar 386.000 orang telah berpartisipasi dengan 70% mendukung investasi tersebut.

Tesla belum segera menanggapi permintaan komentar dari media, sementara xAI tidak dapat dihubungi untuk komentar.

Musk, salah satu orang terkaya di dunia, meluncurkan xAI tahun lalu dengan harapan membangun alternatif untuk ChatGPT. Startup tersebut mengumpulkan  6 miliar dolar AS (Rp97,3 triliun) dalam pendanaan seri B pada bulan Mei, mencapai valuasi pasca-uang sebesar  24 miliar dolar AS (Rp389,4 triliun). Pendukungnya termasuk Andreessen Horowitz dan Sequoia Capital.

Musk sebelumnya mengatakan bahwa ia berencana agar seperempat dari xAI dimiliki oleh investor di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, yang ia beli seharga  44 miliar dolar AS meskipun nilai perusahaan media sosial tersebut telah merosot sejak saat itu.

Dalam panggilan pendapatan, Musk juga menepis kekhawatiran bahwa ia mungkin mengalihkan sumber daya dari Tesla ke beberapa perusahaan lainnya. Pada bulan Juni, CNBC melaporkan bahwa ia telah memerintahkan Nvidia  untuk mengirimkan ribuan chip AI yang ditujukan untuk Tesla ke xAI dan X. Musk mengatakan pusat data Tesla sudah penuh dan tidak ada tempat untuk meletakkan chip tersebut.

Musk sering mengadakan polling di X. Pada tahun 2021, ia menanyakan kepada pengguna Twitter apakah ia harus menjual 10% dari saham Tesla-nya dan memulai penjualan saham hanya beberapa hari setelah polling tersebut.