Platform X Buat Fitur Nonaktifkan Tautan di Kolom Komentar

JAKARTA – Platform X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, sedang membuat fitur baru yang dapat mengatasi spam di kolom komentar. Spam ini berkaitan dengan tautan situs web yang sering ditemukan.

Ditemukan oleh Peneliti Aplikasi Nina Owji, dilansir dari Engadget, fitur ini akan menonaktifkan seluruh komentar yang menyertakan situs web. Dengan begitu, pengguna tidak akan menemukan situs web promosi atau tautan berbahaya di kolom komentar.

Pengguna X di Indonesia sering mengeluhkan komentar affiliate di berbagai postingan, khususnya postingan dengan banyak interaksi. Biasanya mereka menyertakan komentar tertentu, lalu menambahkan tautan dari e-commerce tertentu.

Meski banyak pengguna yang tidak suka dengan keberadaan affiliate, komentar dengan tautan sulit untuk dikontrol jika postingan mereka mendapatkan ribuan komentar. Dengan adanya fitur ini, masalah affiliate bisa teratasi.

Owji membagikan tangkapan layar di situs webnya bahwa fitur Nonaktifkan Tautan di Kolom Komentar akan berada di dalam pengaturan, tepatnya di bagian Hanya Akun yang Disebut. Sepertinya, pengaturan ini bisa diakses langsung melalui postingan.

Christopher Stanley, Direktur Senior Teknik Keamanan di X, mengonfirmasi bahwa fitur ini sedang dikembangkan untuk mengatasi berbagai masalah seperti bot dan tautan promosi yang tidak diinginkan. Fitur ini juga akan membatasi tautan yang berasal dari sumber tidak sah.

Stanley tidak menjelaskan kapan fitur ini akan diluncurkan dan apakah akun gratis akan mendapatkan fitur ini. Melihat sasaran utama X adalah bot, sepertinya fitur ini akan diluncurkan untuk para pelanggan paket Premium.