Platform X Akan Nonaktifkan Fitur Circle Pada 31 Oktober
 Fitur Circle akan segera dihilangkan dari Platform X (foto: dok. X)

Bagikan:

 

JAKARTA - Platform X, sebelumnya Twitter, ingin menutup fitur Circle atau LingkaranDengan fitur ini, sekelompok pengguna dengan jumlah terbatas bisa berbagi postingan.

Fitur yang dirilis pada akhir Agustus 2022 ini akan dinonaktifkan pada 31 Oktober mendatang, dikutip dari The Verge. X juga menjelaskan bahwa fitur ini tidak dapat dipakai untuk mengunggah postingan pada tanggal yang sudah ditentukan.

“Setelah tanggal ini, Anda tidak akan dapat membuat postingan baru yang terbatas pada Lingkaran Anda, dan Anda juga tidak dapat menambahkan orang ke Lingkaran Anda,” tulis X dalam unggahan resminya.

Satu hal yang bisa Anda lakukan ketika fitur sudah dinonaktifkan adalah menghapus seseorang dari Lingkaran Anda. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu login, buka akun yang ada di Lingkaran dan berhenti ikuti atau unfollow akun tersebut.

Setelah di-unfollow, akun tersebut akan hilang dari Lingkaran secara otomatis. Mereka juga tidak bisa melihat postingan apa pun yang ada di Lingkaran. Meski merepotkan, Anda harus mengikuti ulang akun-akun tersebut jika memang masih ingin mengikuti.

Fitur Circle sendiri diluncurkan sebelum Elon Musk mengambil alih dan merubah nama Twitter menjadi X. Saat fitur ini dirilis, Elon Musk sedang berusaha keluar dari kesepakatan untuk membeli Twitter.

Meski dijelaskan secara resmi, X tidak menjelaskan alasan dari dinonaktifkannya fitur ini. Namun, mengingat X sudah memiliki fitur Community, tak heran jika Circle akhirnya dihilangkan. Pasalnya, kedua fitur ini terlalu mirip, sama-sama membagikan unggahan dalam komunitas.