Platform X Luncurkan Fitur Video Space di Perangkat iOS
Ilustrasi pemutaran Video Spaces (foto: dok. unsplash) 

Bagikan:

JAKARTA — Platform X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, meluncurkan fitur Video Space pada Rabu, 28 Februari. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa memutar video saat Space dilakukan. 

Awalnya, peluncuran fitur ini diumumkan oleh pengguna X bernama Dogedesainer. Pihak X tidak mengumumkan kehadiran fitur ini, tetapi CTO X, Elon Musk, membagikan ulang unggahan Dogedesainer. Ini membuktikan bahwa Video Space sudah diluncurkan. 

Saat ini, Video Space baru tersedia di perangkat iOS. Beberapa pengguna yang ingin menyalakan fitur Space akan melihat opsi baru untuk mengaktifkan video. Setelah Space dimulai, Space akan menampilkan video dari kamera pemutar Space.

Orang yang menyalakan Space atau host bisa mengatur tampilan video. Mereka bisa memilih tampilan dari kamera depan dan kamera belakang. Mereka juga bisa menentukan format video seperti lanskap atau vertikal. 

Selama pemutaran video berlangsung, host bisa menonaktifkan kamera atau mematikan mic. Mereka juga bisa membagikan emoji, melihat kolom komentar, dan mengundang pengguna X lainnya untuk hadir sebagai pembicara. 

Sayangnya, orang yang bisa memutar video hanya host. Meski para host ini mengundang pembicara lain, mereka tidak akan bisa memutar video. Dengan demikian, host akan sangat menonjol dan orang-orang di sekitarnya hanya bisa mendengarkan. 

Fitur ini masih diluncurkan secara bertahap di iOS dan belum diketahui kapan akan muncul di Android. Sepertinya, fitur ini juga masih dalam tahap pengembangan karena beberapa pengguna menyatakan bahwa Video Space sangat lambat saat digunakan.