Amazon Fire TV Kini Menampilkan Iklan Sebelum Screensaver

JAKARTA - Amazon dilaporkan mulai menampilkan iklan pada perangkat Fire TV sebelum screensaver muncul. Iklan berbasis gambar ini akan ditampilkan secara penuh di layar dan berlangsung selama 30 detik hingga satu menit sebelum akhirnya menampilkan screensaver.

Perangkat Fire TV dari tahun 2016 dan seterusnya dilaporkan akan terkena dampak dari perubahan ini. Amazon telah mengonfirmasi kepada Cord Cutters News bahwa iklan ini merupakan bagian dari "Ambient Experience" yang sedang diluncurkan.

Sebelumnya, Google TV, Roku, dan Fire TV memang sudah menampilkan iklan, tetapi langkah terbaru Amazon ini dianggap lebih agresif. Amazon mengonfirmasi bahwa iklan ini akan mulai muncul pada perangkat Fire TV yang lebih lama, sehingga kemungkinan besar banyak perangkat yang akan terpengaruh oleh perubahan ini. Amazon telah diminta konfirmasi lebih lanjut mengenai iklan screensaver ini dan perangkat yang terdampak.  

Perubahan ini diharapkan hanya menjadi uji coba atau memiliki cara mudah untuk menonaktifkan iklan screensaver tersebut, mengingat format iklan ini cukup mengganggu dan tidak nyaman bagi pengguna.

Hal ini bisa menjadi lebih menjengkelkan jika pengguna berlangganan layanan streaming yang sudah mendukung iklan, sehingga mereka akan melihat lebih banyak iklan sebelum dapat menonton konten yang diinginkan.