Makin Sulit Terbendung, TikTok Kini Tersedia di TV Layar Lebar Lewat Fire TV Milik Amazon
TikTok kini bisa dilihat melalui Fire Tv dari Amazon. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - TikTok kini tersedia di semua perangkat Amazon Fire TV di AS dan Kanada mulai hari ini. TikTok telah menikmati kesuksesan besar selama beberapa tahun terakhir berkat konten viral dan Lucunya.

Mereka juga telah terbukti sangat populer di kalangan remaja dan orang dewasa. Namun hingga saat ini, TikTok hanya tersedia di perangkat seluler, seperti iPhone dan iPad serta ponsel dan tablet Android.

Kebangkitan TikTok bukannya tanpa kontroversi yang adil. Sejak awal, ada kekhawatiran tentang data dan informasi pengguna apa yang disimpan, dan di mana disimpan. Ada juga kekhawatiran tentang seberapa besar pengaruh aplikasi terhadap audiens yang lebih muda, terutama ketika menyangkut tren yang dipertanyakan dan seberapa adiktif aplikasi tersebut.

Terlepas dari masalah tersebut, pengguna dan pembuat konten tampaknya terus berbondong-bondong ke platform.

Dalam kemitraan eksklusif dengan Amazon, TikTok sekarang diluncurkan ke layar lebar di semua perangkat Fire TV. Ini adalah pertama kalinya TikTok berkembang melampaui perangkat seluler. Amazon juga memiliki beberapa kontrol bebas genggam yang bagus melalui Alexa. Misalnya, pengguna dapat mengatakan "Alexa, mainkan TikTok" atau "Alexa, jeda" saat menggunakan aplikasi.

Aplikasi Fire TV juga dilengkapi fitur AutoPlay yang akan terus memutar video baru tanpa pengguna harus menyentuh remote atau memanggil Alexa. Amazon mengatakan bahwa TikTok akan "segera hadir" ke perangkat Echo Show juga, meskipun perusahaan tidak memberikan tanggal pasti kapan akan diluncurkan.

Mereka yang ingin mengakses TikTok dapat mengunduh aplikasi secara gratis melalui Appstore di perangkat Fire TV mereka. Mereka kemudian harus masuk ke akun TikTok yang ada atau membuat yang baru.

Setelah masuk, pengguna akan dapat mengakses umpan “Untuk Anda dan Mengikuti”, selain umpan “Temukan”. Menurut Wakil Presiden Perangkat dan Layanan Amazon Entertainment, Daniel Rausch, "seluruh keluarga sekarang dapat menikmati video TikTok favorit mereka bersama-sama di layar terbaik di rumah dengan TikTok di Fire TV."

Banyak pembuat konten telah menemukan pijakan dengan TikTok dan menggunakannya sebagai cara untuk berinteraksi dengan mudah dan mengembangkan komunitas mereka. TikTok biasanya dikenal dengan “Halaman Untuk Anda”, yang merupakan tab berbasis algoritme yang menampilkan konten yang mungkin menarik bagi pengguna, sambil menyaring konten yang mungkin tidak relevan.