5 Cara Terbaik Membersihkan Perhiasan dari Perak

JAKARTA - Perhiasan perak sering kali cenderung kehilangan kilaunya dalam jangka waktu tertentu. Hal ini disebabkan oleh reaksi kimia yang terjadi antara perak dan belerang di udara. Namun, untuk menjaga perhiasan tetap bersih dan dalam kondisi sempurna, Anda perlu merawatnya setiap hari dan setelah beberapa waktu harus dibersihkan secara teratur.

Untungnya, aktivitas bersih-membersih ini tidak memakan waktu lama dan dapat dilakukan dengan mudah menggunakan barang-barang rumahan yang ada. Yuk cari tahu lima cara terbaik membersihkan perhiasan perak di rumah, melansir Times of India, Jumat, 1 Maret.

Lemon and salt bath

Anda dapat membersihkan perhiasan dengan lemon dan garam mandi setiap bulan untuk mempertahankan kilau perhiasan perak. Cukup dengan memeras lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan tiga sendok teh garam dan air panas, kemudian rendam perhiasan selama lima menit. Setelah selesai, angkat dan gosok dengan kain lembut untuk menghilangkan noda.

Alumunium dan baking soda

Ini adalah salah satu cara paling populer dan juga termudah membersihkan perhiasan perak di rumah. Plus melindungi perhiasan agar tidak menjadi hitam atau kuning dengan metode sederhana. Metode berbiaya rendah dan mudah ini dapat membersihkan perhiasan dalam 30 detik hingga 3 menit. 

Rebus air dalam jumlah tertentu dan lapisi perhiasan Anda dengan aluminum foil dengan sisi mengkilap tetap menghadap ke atas. Sekarang, tambahkan satu sendok makan soda kue dengan setiap cangkir air ke dalam mangkuk dan celupkan perhiasan Anda ke dalam larutan yang bergelembung.

Saos

Anehnya, saus tomat juga bisa digunakan untuk membersihkan perhiasan perak. Anda hanya perlu memeras sedikit saus tomat ke atas tisu dan menggosokkannya dengan lembut ke area yang ternoda. Diamkan selama 15 hingga 20 menit dan segera gosok dengan kain lembut dan bilas setelahnya. Jika Anda menggunakan metode ini pada perhiasan mewah, bersihkan sela-sela celahnya dengan sikat gigi yang lembut.

Detergent

Deterjen adalah salah satu metode lama menghilangkan noda pada perhiasan perak. Anda hanya perlu menuangkan satu cangkir kecil deterjen ke dalam mangkuk berisi air panas lalu memasukkan perhiasan perak ke dalamnya. Biarkan terendam selama 10 menit dan gosok perlahan dengan kain. Deterjen bereaksi dengan air menghasilkan zat berbusa yang akan mengangkat noda gelap sehingga membersihkan kotoran atau bercak dari perhiasan.

Pasta gigi

Salah satu cara termudah membersihkan perhiasan perak di rumah adalah dengan menggunakan pasta gigi seukuran kacang polong pada piring. Kemudian menggosokkannya ke perhiasan atau bisa juga ke peralatan makan perak dengan gerakan memutar untuk memberikan hasil akhir yang bersih. Kemudian diamkan selama 5 menit dan gosok pasta gigi dengan air secara perlahan menggunakan kain lembut.