Porsche Hadirkan Dua Varian Terbaru Panamera, Gabungkan Efisiensi BBM dan Performa Impresif

JAKARTA - Porsche, merek mobil sport asal Jerman, menghadirkan varian 4 E-Hybrid dan 4S E-Hybrid pada model Panamera terbaru. Tipe ini menawarkan performa dan akselerasi yang mengesankan dari penggerak E-Performance.

Dengan demikian, mobil bertipe coupe tersebut akan memiliki empat varian yang menawarkan performa yang berbeda-beda dengan menguatkan sisi efisiensi sebagai kendaraan rendah emisi berkat teknologi powertrain canggih Porsche.

Dilansir dari laman resmi merek, Rabu, 21 Februari, Porsche 4 E-Hybrid menawarkan performa bertenaga berkat mesin 2,9 liter V6 biturbo 304 ps yang dikombinasikan dengan sistem e-hybrid sehingga menghasilkan tenaga gabungan 470 ps dan torsi 650 Nm.

Varian terbaru ini mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 4,1 detik dengan kecepatan tertinggi 280 km/jam. Sementara itu, mobil ini memiliki kemampuan berjalan dengan tenaga listrik murni berkat sistem Plug-In Hybrid (PHEV) hingga 96 km berdasarkan siklus WLTP.

Sementara itu, Panamera 4S E-Hybrid memiliki mesin yang sama seperti tipe sebelumnya, namun menawarkan tenaga yang lebih besar hingga 544 ps dan torsi 750 Nm, sehingga mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,7 detik dengan menyentuh top speed hingga 290 km/jam.

Selanjutnya, kedua varian ini tidak memiliki perbedaan dibandingkan tipe lainnya dengan dilengkapi lampu depan LED Matrix sebagai fitur standar. Garis jendela yang didesain ulang pada tampilan samping semakin memperkuat karakter sedan pada mobil sport empat pintu tersebut. Menawarkan kelegaan maksimal, Panamera memiliki dimensi panjang 5.052 mm, lebar 1.937 mm, serta tinggi 1.423 mm.

Perlengkapan standar lainnya pada tipe 4 E-Hybrid ialah hadirnya pelek 19 inci serta kaliper rem hitam. Kemudian, untuk 4S E-Hybrid memiliki pelek 20 inci dengan Panamera AeroDesign yang dibekali kaliper rem berwarna merah agresif.

Paket Porsche Ceramic Composite Brake (PCCB) juga dihadirkan pada model ini dengan pelek 21 inci. Cakra mini memiliki ukuran 440 mm pada bagian depan dan 410 mm di belakang.

Panamera baru sudah hadir dengan suspensi udara dari Porsche Active Suspension Management (PASM) sebagai perlengkapan standar. Teknologi dua katup memisahkan tahap rebound dan kompresi dari kontrol peredam dan oleh karena itu menawarkan rentang yang lebih luas antara kenyamanan dan kesan sporty.

Berpindah ke bagian dalam, tuas persneling konvensional di konsol tengah telah dihilangkan, menciptakan ruang yang lebih dinamis. Layar sentuh ini mampu mengatur berbagai fungsi, termasuk pengaturan suhu dan ventilasi udara yang dapat disesuaikan secara elektrik, sama seperti Cayenne.

Baik varian 4 E-Hybrid dan 4S E-Hybrid disebutkan telah tersedia untuk dipesan meski harganya tidak diumkan di rilisnya dan akan mulai dikirim untuk pasar Eropa mulai kuartal kedua tahun ini.