Walt Disney Akuisisi Saham Epic Games Senilai Rp23,4 Triliun

JAKARTA – Walt Disney Company mengumumkan  akan mengakuisisi saham ekuitas Epic Games, perusahaan pengembang game. Akuisisi ini bernilai 1,5 miliar dolar AS (Rp23,4 triliun).

Setelah akuisisi ini dilakukan, Disney dan Epic Games akan berkolaborasi dalam membuat dunia permainan dan hiburan yang baru. Para penggemar Disney bisa memainkan karakter kesukaan mereka dari cerita Disney, Pixar, Marvel, dan lainnya.

Selain memainkan karakter Disney, para penggemar dan gamer bisa menciptakan cerita dari ide yang mereka kembangkan. Mereka juga bisa membagikan konten favorit seputar karakter atau jalan cerita dari film Disney di aplikasi Unreal Engine.

CEO Walt Disney Company Robert A. Iger mengatakan bahwa kolaborasi ini merupakan bagian dari ekspansi perusahaannya. Meski Disney sudah pernah masuk ke industri game, ini menjadi langkah besar perusahaan tersebut di dunia game.

“Ini menandai masuknya Disney terbesar ke dunia game dan menawarkan peluang pertumbuhan dan ekspansi yang signifikan. Kami tidak sabar menunggu para penggemar merasakan kisah-kisah Disney dan dunia yang mereka sukai dengan cara baru yang inovatif,” kata Iger.

 

Sementara itu, CEO Epic Games Tim Sweeney mengatakan bahwa kolaborasi ini akan menciptakan suatu hal yang baru. Keduanya akan, “membangun ekosistem yang gigih, terbuka, dan dapat dioperasikan yang akan menyatukan komunitas Disney dan Fortnite.”

Sebelum kabar akuisisi ini diumumkan, Disney dan Epic sudah lama berkolaborasi. Mereka telah membuat integrasi konten Fortnite, kolaborasi musiman, aktivasi dalam game, dan membuat event Marvel Nexus War yang menarik 15,3 juta pemain.

Seluruh produksi aset dan konten dalam portofolio Disney dibuat dengan menggunakan Unreal Engine, perangkat lunak yang dirancang oleh Epic Games untuk membuat game. Alat ini mampu membuat editan sinematik dan animasi untuk film.