Baru Masuk Pelelangan, Aston Martin DB6 Vantage 1966 Modifikasi Ditawar Hampir Rp2 Miliar

JAKARTA - Aston Martin DB6 Vantage yang cantik ini sedang dilelang di situs Bring A Trailer. Grand tourer yang mempesona ini adalah salah satu mobil dengan tampilan terbaik yang pernah dibuat.

Tawaran tertinggi untuk DB6 Vantage saat berita ini ditulis adalah 120.000 dolar AS atau setara Rp1,88 miliar. Tetapi dengan sisa waktu sembilan hari, diperkirakan harganya akan melonjak menjelang penutupan lelang. 

Sebagai info, DB6 diperkenalkan pada tahun 1965 sebagai penerus DB5 dan DB6 memiliki jarak sumbu roda 3,75 inci lebih panjang dari pendahulunya, sedangkan teknik konstruksi superleggera yang sebelumnya digunakan digantikan oleh superstruktur berpenampang kotak baja lipat. Bodywork aluminium DB6 berbagi sebagian besar desain Touring DB5.

Melansir laman Bring A Trailer, diinformasikan jika mobil ini dikirim ke pelanggan pertama di Inggris pada 29 Juni 1966. Mobil ini juga pernah tergabung dalam komunitas Klub Pemilik Aston Martin sepanjang tahun 70-an dan menerima restorasi besar-besaran pada akhir 1990-an. 

Pada akhir 1990-an, DB6 ini menerima restorasi besar-besaran oleh bengkel Ian Mason Aston Martin Services di London dan dicat warna merah saat ini, selain itu perbaikan dengan pengelasan ulang dilakukan pada area lantai bagasi. Lalu, penyok di kap mesin diperbaiki pada tahun 2017.

Cat merah sangat kontras dengan detail krom, bumper, dan pelek kawat Dunlop 15 inci. Sementara ban mobil menggunakan Vredestein Spring Classic. Rem cakram Girling yang dibantu servo diperbaharui pada 2017, yang membuat pengalaman berkendara DB6 lebih nyaman.

Sementara, dilansir CarBuzz, 23 Januari, peningkatan atau modifikasi mesin 4.2 liter dilakukan demi bisa menggunakan bensin tanpa timbal. Berbeda dengan Aston Martin modern, seperti DB12, DB6 Vantage mengirimkan tenaga ke roda belakang melalui transmisi manual lima kecepatan.

DB6 juga disebut selama ini dirawat dengan baik dengan sejumlah catatan menyertainya termasuk catatan regulator tegangan dan engine mount diganti pada tahun 2019. Lalu juga ada catatan pengujian kekuatan pada tahun 1998 menunjukkan Aston Martin DB6 Vantage memiliki tenaga di bawah 300 hp, jumlah yang cukup besar untuk mobil yang dibuat pada akhir tahun 60-an.

Masuk ke interior DB6 terlihat amat sederhana, dan meskipun usianya yang sudah lanjut, DB6 menawarkan beberapa perlengkapan zaman modern seperti jendela yang dioperasikan dengan listrik, radio, dan sabuk pengaman bahu depan. Sebagai mobil yang dipasok Inggris, setir berada di sebelah kanan.