Ini Kata Para Pengamat Bisnis tentang Umpatan Elon Musk kepada Pengiklan

JAKARTA - Elon Musk, CEO Tesla dan pemilik platform media sosial X, membuat kejutan ketika secara terbuka menghina pengiklan yang meninggalkan platformnya karena konten antisemitis. Dalam wawancara pada Rabu, 29 November Musk memberi pernyataan kasar kepada pengiklan dengan mengatakan, "Go fuck yourself!"

Beberapa analis komunikasi bisnis menyatakan bahwa mereka tidak ingat kasus serupa di mana seorang eksekutif secara terbuka melontarkan kata-kata kasar kepada pelanggannya. Mereka menilai bahwa tugas seorang CEO adalah untuk menjalankan kesepakatan bisnis, bukan untuk merusak hubungan.

"Ini adalah serangan terbuka terhadap pelanggan Anda. Itu lebih merupakan pelanggaran daripada bahasa itu sendiri," kata Andy Challenger, Senior Vice President dari perusahaan outplacement dan coaching eksekutif Challenger Gray & Christmas.

Sementara Musk, Tesla, dan X tidak merespons permintaan komentar terkait insiden ini.

Kasus pemimpin bisnis menggunakan bahasa kasar terkadang muncul dalam berbagai panggilan pendapatan perusahaan. Namun, dalam kasus Musk, konteksnya berbeda karena dia ditanyai tentang kepergian pengiklan dari X setelah dia memberikan dukungan pada posting antisemit.

Beberapa akademisi yang telah mempelajari penggunaan kata-kata kasar mengatakan bahwa itu bisa melepaskan stres, memperkuat ikatan, atau menciptakan rasa mendesak. Namun, kata-kata kasar juga dapat menyampaikan kurangnya rasa hormat, keterampilan kepemimpinan, atau kendali, menurut penelitian tahun 2017 oleh penulis, termasuk Yehuda Baruch, seorang profesor bisnis di University of Southampton.

Baruch menyebut komentar kasar Musk sebagai jenis negatif, menunjukkan kehilangan kesabaran dan kendali. "Ini tidak menunjukkan pelepasan stres. Seseorang di tingkatnya seharusnya tidak menggunakan kata-kata kasar untuk meluapkan kemarahannya," kata Baruch. 

Beberapa analis berpendapat bahwa peningkatan budaya kantor yang santai dan pengaturan kerja dari rumah telah mendorong lebih banyak penggunaan kata-kata kasar di tempat kerja. Namun, Peter Cappelli, seorang profesor manajemen di Wharton School, University of Pennsylvania, mengatakan bahwa frasa kasar tampak lebih umum 40 tahun yang lalu dan menurun seiring dengan masuknya lebih banyak perempuan ke pasar kerja.

Cappelli mengatakan bahwa Musk ingin melihat dirinya sebagai seorang bintang rock, bukan sebagai seorang pemimpin bisnis yang perlu mempertimbangkan banyak konstituen. Sementara itu, kekayaan Musk yang besar berarti dia bisa menghadapi kerugian finansial di X.

"Jika (X) adalah perusahaan publik, dia pasti sudah dipecat sejak lama, tetapi dia tidak peduli dan bersedia kehilangan banyak uang. Komunitas bisnis tidak dapat mendisiplinkan seseorang yang tidak peduli kehilangan uang," kata Cappell.