Simak! Begini Cara Memilih Banyak File Sekaligus di MacBook
ILUSTRASI UNSPLASH

Bagikan:

JAKARTA – Pengguna laptop dengan sistem perangkat Windows biasanya kebingungan saat pertama kali ingin memindahkan file sekaligus dari MacBook. Selain karena keyboard, sistem dari perangkatnya pun berbeda.

Sebenarnya, memilih seluruh atau beberapa file sekaligus di Finder tidaklah sulit. Mengutip dari Makeuseof, cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan tombol Shift di keyboard.

Pertama, kunjungi Finder dan buka folder yang ingin Anda pilih file-nya. Kemudian, ganti tampilan ke mode Daftar, Kolom, atau Galeri. Pastikan untuk memilih salah satu dari tiga tampilan tersebut karena metode ini tidak berfungsi untuk tampilan Ikon.

Berikutnya, pilih file di urutan paling pertama, kemudian tekan tombol Shift dan klik file di urutan terakhir yang Anda inginkan. Setelah melakukan cara ini, Anda sudah bisa memindahkan atau menghapus banyak file sekaligus.

Jika Anda ingin memilih beberapa file di tempat yang acak dalam satu folder, Anda bisa menggunakan tombol Command. Caranya, Anda hanya perlu memilih file pertama, kemudian tahan tombol Command dan pilih file-file berikutnya.

Selanjutnya, Anda bisa memilih seluruh file dengan kursor. Dengan menggunakan kursor, Anda hanya perlu mengarahkan kursor ke file di urutan pertama, kemudian tekan trackpad sambil gerakan kursor ke seluruh file.

Cara ini juga berlaku di Finder, tetapi jangan arahkan kursor dari atas file. Arahkan kursor ke sisi tampilan gambar atau ikon dari file, lalu klik trackpad dan arahkan kursor sampai ke bawah.

Terakhir, Anda bisa memilih seluruh file sekaligus hanya dengan keyboard. Pastikan Anda sudah memilih salah satu file, kemudian tekan tombol Command + A. Dengan dua tombol ini, seluruh file Anda bisa langsung terpilih.

Itu dia beberapa cara untuk memilih file sekaligus. Pastikan untuk mengingat cara-cara ini agar Anda bisa memindahkan, menghapus, atau menyalin file dengan lebih mudah.