Bagikan:

 

JAKARTA – Seluruh file sistem di MacBook akan disembunyikan secara otomatis di macOS, sistem operasi untuk Mac. Apple sengaja menyembunyikan file sistem untuk mencegah kerusakan yang tidak disengaja.

Namun, ada saat di mana Anda harus mencari file sistem tersebut untuk memecahkan masalah di MacBook. Anda tidak perlu khawatir karena ada cara untuk melihat seluruh file atau folder yang tersembunyi di MacBook.

Cara pertama, mengutip dari Makeuseof, adalah dengan menggunakan pintasan dari keyboard. Anda hanya perlu membuka Finder, lalu buka direktori yang diinginkan, kemudian tekan tombol Command + Shift + Titik pada keyboard.

Setelah ditekan secara bersamaan, file atau folder yang tersembunyi akan muncul. Untuk membedakan antara file dan folder biasa dengan yang tersembunyi, Apple membuat tampilan file dan foldernya tembus pandang di direktori.

Jika tidak ada file dan folder tembus pandang yang ditampilkan, direktori tersebut memang tidak memiliki file dan folder tersembunyi. Namun, jika Anda masih ingin mencari file yang tidak terlihat, Anda bisa menggunakan perintah dari Terminal.

Pertama, buka Aplikasi terlebih dahulu, lalu klik Utilitas. Setelah itu, cari Terminal dan masukkan perintah defaults write com.apple.finder AppleShowAllFiles TRUE. Jika perintahnya sudah dimasukkan, jangan lupa untuk mengeklik Return.

Selanjutnya, masukkan perintah killall Finder dan tekan Return lagi. Jika Finder sudah dimuat ulang, Anda bisa membuka direktori yang diinginkan dan seluruh file atau folder tembus yang tersembunyi akan terlihat.