Kroasia Tumbang di Kandang, Montella Bawa Turki ke Puncak Klasemen

JAKARTA - Debut gemilang pelatih asal Italia Vincenzo Montella yang membawa Turki ke puncak klasemen Grup D setelah mengalahkan tuan rumah Kroasia 1-0 di pertandingan kualifikasi Euro 2024 di Opus Arena, Jumat, 13 Oktober dini hari WIB. Gol tunggal Turki dihasilkan striker Baris Yilmaz.

Turki meraih hasil mengesankan di kualifikasi Euro 2024. Bagaimana tidak, mereka menang di pertandingan tandang.

Dan, Turki pula yang memecahkan rekor tak terkalahkan Kroasia. Ya, ini kekalahan pertama Kroasia di kandang sendiri di ajang kualifikasi.

Kemenangan itu menjadi debut mengesankan Montella. Mantan striker tim nasional Italia ini sempat diragukan karena skuat yang ditanganinya dinilai tak memiliki kualitas bagus.

Montella yang ditunjuk menggantikan Stefan Kuntz memang harus bekerja keras membangun kembali skuat.  

Hasilnya memang tak mengecewakan. Di pertandingan itu, Turki di luar perkiraan bermain cukup apik.

Montella ternyata berhasil membawa tim menunjukkan karakter dan disiplin di pertandingan tandang.

Bahkan Turki justru menunjukkan dominasi atas tuan rumah dan mampu bermain dengan tempo tinggi. Permainan ini memang merepotkan Kroasia yang masih mengandalkan sang veteran, Luka Modric.

Di tengah, Modric bahu-membahu dengan Marcelo Brozovic dan Mateo Kovacic. Sementara striker Petar Musa mendapat dukungan dari Mario Pasalic dan Josip Brekalo.

Turki sendiri tidak memiliki pemain bintang. Gelandang Inter Milan Hakan Calhanoglu menjadi motor permainan The Crescent-Star untuk menghadapi Kroasia.

Dalam duel itu, Kroasia yang bermain di kandang sendiri gagal menunjukkan performa terbaik.

Bahkan finalis Piala Dunia 2018 dan Nations League ini bermain buruk. Tidak ada serangan yang membahayakan gawang Turki. Tidak ada kreativitas permainan meski tim sudah bertumpu kepada Modric yang memang merupakan gelandang kreatif Kroasia.

Turki sendiri sudah mendapat peluang di menit-menit awal saat mendapat sepak pojok. Namun kiper Dominik Livakovic berhasil menggagalkan peluang Turki saat laga baru berjalan dua menit.

Tim tamu kembali mendapat peluang di menit tujuh. Namun lagi-lagi Livakovic melakukan penyelamatan gemilang.

Kroasia sesungguhnya juga punya kesempatan mencetak gol. Hanya saja lemahnya penyelesaian akhir membuat peluang mereka tak bisa dikonversi gol.

Turki justru yang sukses membobol gawang Kroasia di ment 30. Berawal dari kesalahan pemain Kroasia yang kehilangan bola di tengah.

Situasi itu dimanfaatkan pasukan Montella saat Salih Oezcan melepaskan umpan jauh ke arah Yilmaz. Peluang itu dimanfaatkan dengan baik untuk menaklukkan Livakovic.

Skor berubah menjadi 1-0 untuk Turki. Di babak kedua, Kroasia mencoba bangkit. Paling tidak tendangan Brekalo nyaris membobol gawang Turki.

Namun Turki hampir saja menambah gol di menit 53. Sayangnya sepakan Yilmaz melambung tipis di atas mistar gawang. Skor satu gol untuk Turki tak berubah sampai akhir laga.

Kemenangan itu menjadikan Turki merebut posisi puncak klasemen Grup D dengan poin 13. Sedangkan Kroasia yang memiliki poin 10 turun ke posisi dua. Meski demikian, Kroasia masih menyimpan satu pertandingan.