Sony Fokus Pada Bisnis Produksi Virtual yang Miliki Pertumbuhan Moncer

JAKARTA - Sony Group semakin memfokuskan diri pada bisnis produksi virtual yang mengalami pertumbuhan pesat di pasaran. Hal ini dikatakan seorang eksekutif perusahaan tersebut, berpegang pada keunggulan teknologi konglomerat hiburan Jepang ini.

Bisnis ini menawarkan fasilitas produksi virtual kepada pembuat film dan penyiar, dengan melibatkan penggunaan dinding panel dioda pemancar cahaya (LED) yang menampilkan gambar-gambar, seperti lanskap fiksi ilmiah atau pemandangan kota, yang terintegrasi ke dalam adegan saat pengambilan gambar.

Sebagai alternatif untuk layar hijau, di mana efek digital ditambahkan pada tahap berikutnya, kelebihan sistem ini mencakup refleksi yang lebih realistis yang dihasilkan oleh cahaya dari panel-panel tersebut dan kedalaman yang lebih besar bagi para aktor di lokasi syuting.

Sony melihat keunggulan dari kekuatan perusahaan dalam hal perangkat keras - konglomerat ini memproduksi segalanya mulai dari sensor gambar untuk kamera hingga dinding video LED berukuran super - dan keahlian dalam pembuatan film sebagai pemain utama di Hollywood.

"Karena kami memiliki perangkat keras, kami bisa menciptakan dunia virtual," kata Yasuharu Nomura, Kepala Produksi Virtual Sony, dalam sebuah wawancara yang dikutip Reuters.

Dalam beberapa dekade terakhir, Sony telah melepaskan lini elektronik yang bermasalah untuk fokus pada game, film, dan musik, tetapi masih membuat perangkat keras seperti kamera film. Perusahaan ini adalah investor di Epic Games, yang Unreal Engine-nya digunakan untuk menghasilkan lingkungan digital.

Sony mengatakan bisnis produksi virtualnya tumbuh sekitar 35% setiap tahun, lebih cepat dari pasar secara keseluruhan, dengan harapan bahwa sebagian besar penjualan akan berasal dari layanan.

Perusahaan ini menghadirkan panel dan kamera yang lebih baik dan opsi layanan sambil menawarkan "volumetric capture," di mana penampilan difilmkan dari berbagai sudut pandang untuk dilihat dalam realitas virtual.

Teknologi produksi virtual mendapatkan perhatian setelah digunakan dalam acara fiksi ilmiah "The Mandalorian" dari Walt Disney, yang menggunakan perusahaan efek visual dalam negeri, Industrial Light & Magic.

"Pasar ini masih dalam tahap awal, jadi ada peluang bagi Sony untuk berkembang," kata Kota Ezawa, seorang analis di Citigroup