Apa itu Roaming Data? Simak Pengertian, Fungsi, dan Cara Mengaktifkannya
Ilustrasi (Foto: Unsplash/Robin Worral)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda apa itu roaming data? Istilah ini kerap bersliweran di layar televisi maupun media online pada saat musim liburan, dimana banyak orang melancong ke luar negeri atau pada saat musim haji tiba.

Nah, pada artikel kali ini VOI akan mengulas apa itu roaming data beserta fungsinya pada smartphone. Simak informasi selengkanya berikut ini.

Apa itu Roaming Data?

Dirangkum dari berbagai sumber, roaming data merupakan sebuah acuan sambungan jaringan internet ponsel. Roaming data akan bekerja apabila ponsel tidak terkoneksi dengan jaringan karena berada di luar jangkauan. Misalnya, ketika pengguna sedang berada di luar negeri, namun masih memakai provider dalam negeri.

Ketika sedang berada di luar negeri, jaringan ponsel tidak dapat dijangkau. Pada kondisi tersebut secara otomatis ponsel bakal mencari jaringan lain yang ada di sekitar lokasi tersebut.  Biasanya, Provider di dalam negeri sudah menjalin kerja sama dengan penyedia layanan telekomunikasi di negara itu, sehingga pelanggan tetap bisa menggunakan provider dari negara asal.

Akan tetapi, fitur roaming hanya akan aktif ketika Anda sudah mengaktifkan terlebih dahulu sebelum berangkat ke luar negeri.

Biaya untuk mengaktifkan fitur roaming berbeda-beda, tergantung dari penyedia layanan internet yang dipakai.

Fungsi Roaming Data

Telah disinggung di atas, roaming data adalah sebuah acuan sambungan jaringan internet ponsel. Adapun fungsi roaming data antara lain:

  • Mendapatkan akses jaringan seluler seperti biasanya. Oleh sebab itu, pastikan Anda tetap memiliki kuota internet.
  • Mengirim dan menerima pesan, baik dalam bentuk SMS online maupun aplikasi online.
  • Roaming data memungkinkan penggunanya melakukan panggilan dan juga menerima panggilan audio maupun video.
  • Saat berada di mode pesawat, panggilan telepon bakal tersimpan dalam bentuk voice mail.

Cara Mengaktifkan Roaming Data

Cara mengaktifkan roaming data di ponsel Android dan iOS sebenarnya cukup mudah. Pada ponsel berbasis Android, fitur roaming data dapat diaktifkan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu Pengaturan atau Setting pada perangkat
  • Berikutnya, pilih Jaringan Internet
  • Ketik Jaringan Seluler atau Mobile Network
  • Lihat menu roaming, Anda bisa mengaktifkan fitur roaming dengan tombol toggle case. Lewat tombol ini pula, Anda juga dapat menonaktifkan fitur roaming.

Sementara cara mengaktifkan roaming data di ponsel iOS, yakni:

  • Buka menu Setting pada iPhone
  • Pilih opsi Mobile Data atau Data Seluler
  • Setting data roaming dengan menggeser tombol toggle case di sebuah menu Data roaming.

Demikian informasi tentang apa itu roaming data beserta fungsi dan cara mengaktifkannya. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.