Bagikan:

 YOGYAKARTA – Ingin berpakansi ke luar negeri dalam waktu dekat? Jika iya, Anda perlu tahu cara mendapatkan akses internet di luar negeri. Hal ini sangat penting karena internet telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, khususnya ketika memesan tiket pesawat atau taksi online di negara yang dituju. Selain itu, akses internet juga membuat Anda tetap terhubung dengan keluarga yang berada di dalam negeri.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan akses internet di luar negeri? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Mendapatkan Akses Internet di Luar Negeri

Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat, 26 Mei 2023, berikut cara mendapatkan akses internet saat berlibur ke luar negeri:

  1. Mengaktifkan nomor negara tujuan

Jika sedang liburan ke luar negeri, Anda sebaiknya membeli kartu SIM lokal yang berlaku di negara tersebut. Hal ini supaya Anda tetap dapat terhubung dengan jaringan internet saat pergi ke mana pun dan tidak bergantung pada keberadaan jaringan WiFi.

Kartu SIM ini bisa Anda dapatkan di bandara. Biasanya banyak booth dari beberapa provider yang menjual kartu SIM di area kedatangan. Selain itu, kartu SIM lokal juga bisa dijumpai di stasiun kereta api dan beberapa destinasi wisata.

Ketika membeli kartu SIM, petugas provider akan mendaftarkan kartu SIM Anda dan membantu memasangkannya ke dalam smartphone.

  1. Memanfaatkan layanan roaming

Apabila Anda tidak mau mengganti kartu SIM karena alasan ribet, Anda tetap bisa mengakses internet dengan memanfaatkan layanan roaming. Akan tetapi, Anda harus memastikan apakah provider yang digunakan menyediakan layanan tersebut ke negara yang akan Anda tuju.

Setelah memastikannya, Anda tinggal membeli paket roaming yang tersedia pada masing-masing provider. Jika mengalami kesulitan, Anda bisa menanyakannya ke custumer service.

  1. Menggunakan WiFi di tempat umum

Cara mendapatkan akses internet di luar negeri yang terakhir adalah memanfaatkan WiFi Gratis yang tersedia di tempat-tempat umum, seperti bandara, stasiun, restoran, kafe, mall, hotel, dan lain sebagainya.

Hanya saja, cara ini kurang efektif. Jaringan internet yang terhubung ke WiFi akan terputus saat Anda berpindah lokasi. Selain itu, menggunakan WiFi gratis, khususnya yang tanpa password, bisa berdampak buruk pada keamanan data karena bisa diakses pihak yang tidak bertanggung jawab.

Demikian informasi tentang cara mendapatkan akses internet di luar negeri. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.